Lihat ke Halaman Asli

Taschiyatul Hikmiyah

Mahasiswi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam

7 Manfaat Daun Kenikir dan Cara Mengolahnya

Diperbarui: 24 Februari 2023   06:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Potret Daun Kenikir (sumber: Pint. Tipsdokter)

Indonesia merupakan negeri dengan beragam kekayaaan, apalagi hasil rempahnya yang melimpah ruah. Jika ditarik garis mundur menuju masa penjajahan, keberadaan rempah-rempah negeri ini merupakan salah satu faktor yang diincar oleh negara penjajah, sehingga tidak heran jika hingga kini kegiatan ekspor hasil rempah-rempah masih berlangsung dan memiliki peminat yang banyak.

Selain karena segi kebutuhan, rempah-rempah yang kaya akan manfaat juga diperlukan dan dicari oleh mayoritas penduduk baik lokal maupun domestik. Sementara itu, selain rempah-rempah masih ada juga hasil pertanian lainnya seperti kopi, sawit, hingga beragam sayuran, kenikir salah satunya.

Kenikir merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat dimakan secara langsung sebagai lalapan serta penyanding makanan inti. Tumbuhan yang bernama latin cosmos caudatus ini termasuk tumbuhan tropis kategori kenikir-kenikiran yang berasal dari Amerika Latin, dan tumbuh pula di negara kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Selain mengandung vitamin dan mineral, kenikir memiliki sejumlah nutrisi penting lain didalamnya, berikut merupakan 7 manfaat kenikir bagi kesehatan:

1. Mampu menguatkan tulang

2. Mampu menjaga daya tahan tubuh

3. Mampu menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

4. Mampu menghancurkan sel kanker

5. Mencegah osteoporosis

6. Mencegah diabetes

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline