Lihat ke Halaman Asli

Taslim Buldani

Pustakawan di Hiswara Bunjamin Tandjung

Mengenal Logo Branding 10 Destinasi Pariwisata Indonesia

Diperbarui: 16 Desember 2017   22:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

BALI. holidaylettings.co.uk

Kabar baik bagi kita semua. Para raja kelana telah menobatkan Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia.TripAdvisor, lewat Travellers' Choice Awards 2017, telah menguping puja-puji para raja kelana dan menempatkan Bali sebagai nomor 1 dari 25 destinasi wisata di dunia. Mengalahkan destinasi-destinasi di Eropa, Amerika, sampai Timur Tengah.

Indonesia bukan hanya Bali tentunya. Pemerintah melaui Kementerian Pariwisata telah mengembangkan dan mempromosikan daerah-daerah lain sebagai tujuan wisata selain Bali. Bandung, Banyuwangi, Jakarta, Bunaken, Wakatobi, Raja Ampat, Jogyakarta, Solo, Semarang, Lombok, Makasar, Medan dan Kepulauan Riau merupakan daerah-dearah yang dirancang sebagai Bali baru.

Guna meningkatkan nilai pemasaran destinasi pariwisata ke daerah-daerah tersebut, Kementerian Pariwisata telah menetapkan Keputusan Menteri Pariwisata  Nomor 38 Tahun 2017 tentang Logo Branding 10 (Sepuluh) Destinasi Pariwisata Indonesia. Berikut kesepuluh logo tersebut:

Logo Branding Destinasi Pariwisata Bali. Gambar: pesona.indonesia.travel

BALI

Gambar terdiri dari elemen Meru, Bunga Kembang Sepatu, serta Siluet Pulau Bali dan Pulau Nusa Penida. Secara keseluruhan gambar menggambarkan pesona yang dimiliki Bali. Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura a tau Meru yang melambangkan the Island of gods serta falsafah hidup masyarakat Bali yang religius. Meru adalah suatu bentuk salah satu bangunan di Pura sebagai tempat suci umat Hindu Bali. 

Bangunan ini bernuansa megah, monumental, dan suc1. Arsitektur Meru disetiap detailnya memiliki makna dan dibangun tahan gempa serta bersahabat dengan lingkungan (environmentally friendly). Bunga Kembang Sepatu melambangkan persembahan, kecantikan, serta merupakan sarana penting bagi umat Hindu dalam persembahyangan dan berbagai ritual adat masyarakat Bali. Siluet Pulau Bali menjadi landasan kokohnya simbol-simbol yang digunakan serta dengan .jelas menggambarkan pulau Bali sebagai eksitensi geografis Bali

Logo Branding Destinasi Pariwisata Bandung. Sumber: bandungtourism.com

BANDUNG

Gambar merupakan paduan bunga dan kujang sebagai simbol keindahan dan otentisitas Bandung dan Jawa Barat yang berbeda dari banyak sisi dibandingkan daerah lain di tanah jawa. Kecantikan dan megahnya alam pegunungan, bukit, sungai, air terjun dan pantai adalah kekayaan wisata Bandung dan Jawa Barat, yang dengan segala keluhurannya telah menciptakan masyarakat sunda yang ramah, halus tutur bahasa, otentik dan kreatif dalam segala hal. Keragaman warna di bagian kelopak mahkota dan tangkai putik bunga yang digambarkan dengan grafis sulur menjuntai indah, melambangkan keceriaan, keindahan dan petualangan penuh sensasi yang berpadu serasi. Grafis sulur membentuk Kujang melambangkan kekhasan masyarakat Sunda yang dinamis, kreatif, berani, unik namun tetap memegang teguh keluhuran adat dan budaya

Logo Branding Destinasi Pariwisata Banyuwangi. Gambar: pesona.indonesia.travel

BANYUWANGI

Logo branding destinasi pariwisata "Majestic Banyuwangi" terdiri dari elemen gunung, ombak laut, mentari, bluefire, motif batik gajah oling, dan gaya khas tari gandrung. Secara keseluruhan logogram menggambarkan pesona alam dan budaya Banyuwangi. Mentari yang bersinar juga dimaksudkan untuk menggambarkan Banyuwangi sebagai Sunrise of Java. Paduan elemen-elemennya secara keseluruhan memberi kesan penuh warna dan ceria, dan secara imajinatif memberi kesan ramah dan bersahabat.

Gambar: pesona.indonesia.travel

JAKARTA
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline