Lihat ke Halaman Asli

tasa

penulis lepas

Menjalin Silaturahmi dengan Masyarakat, Kelompok 76 KKM UIN Malang Membantu Memerah Susu Sapi di Desa Wonorejo

Diperbarui: 1 Januari 2023   05:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang yang tergabung dalam kelompok 76 Samahita menjalin silahturahmi dengan masyarakat di Desa Wonorejo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. Kegiatan silaturahmi ini dilakukan dengan turut serta membantu warga Wonorejo memerah susu sapi. Kegiatan berlangsung pada hari Sabtu 24 Desember 2022 dengan melibatkan seluruh anggota Kelompok 76 Samahita dan masyarakat di Desa Wonorejo.

Desa wonorejo termasuk desa yang sebagian besar warganya memiliki mata pencarian dari peternakan sapi perah. Hal ini didukung dengan letak geografis yang berada di dataran tinggi dan memiliki udara yang sejuk. Selain itu, lahan pertanian di Desa Wonorejo banyak yang ditanami rumput gajah.

Bermula dari tegur sapa dengan salah satu warga, akhirnya kelompok 76 sepakat untuk turut serta dalam kegiatan memerah susu di salah satu peternakan warga Desa Wonorejo. Kegiatan ini dilakukan dirumah bapak Rudi Lestari.

Pak Rudi memberi penjelasan seputar sapi perah yang dikelola, mulai dari pakan, cara perawatan, hingga cara untuk memerah susunya. Pemerahan susu sapi di peternakan pak Rudi masih menggunakan tangan. Sehingga harus dilakukan secara teliti karena berpengaruh pada produksi susu.

dokpri

Semua anggota antusias untuk membantu. Ada yang membantu memberi pakan hingga membantu memerah susu sapi. Menurut mbak Qonita, ini adalah pengalaman pertamanya kalau tidak terbiasa tidak bisa karena harus ditarik dari atas kebawah dengan cepat supaya susu yang dikeluarkan banyak. Sebelum diperah puting sapi harus disterilkan terlebih dahulu menggunakan air panas dan mentega.

Hasil dari susu yang diperah selanjutnya akan diserahkan ke pengepul susu sapi. Pengepul susu sapi akan datang setiap sore hari. Sehingga warga wonorejo akan berkumpul pada titik yang ditentukan untuk mengumpulkan susu sapi.

Penulis : Intan Kharismatul Mufidah & Ayu Litasa (Anggota Kelompok 76 Samahita)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline