Lihat ke Halaman Asli

Tarsih Ekaputra

Pembelajar Kehumasan // Komporis Bela Negara

Awas Penipuan Mengatasnamakan Google Task Community

Diperbarui: 9 Desember 2023   21:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Screenshot Pribadi

Pernah ngalamin gak sih ngedapetin uang hanya dengan buka google maps, comment dan uang masuk ke rekening kalian?

Nah ceritanya gini nih, awalnya saya di chat wahtsapp atas nama Aurelia. Ia mengaku dari OpenWeb. Kata-katanya gini nih; "Hello, I'm Aurelia, OpenWeb, may I Have a moment of your valuable time?

Kemudian dia memperkenalkan berasal dari sebuah marketing agency yang membantu lebih dari 1000 brand diberbagai dunia dan menawarkan pekerjaan part time yang cukup simple untuk dilakukan, pekerjaannya cukup hanya mengikuti instruksi mereka, yakni membuka google maps dan mencari nama sesuai instruksi kemudian memberikan comment dan screenshoot lalu posting di wa pemberi pekerjaan. Selanjutnya kita disuruh mengklik link untuk bertemu dengan resepsionis di telegram.Perintahnya adalah Use telegram to search for the receptionist --https://t.me/ddwdas110.

Karena begitu meyakinkan saya ikuti instruksi dan di telegram saya dipandu oleh namanya Adelina, ia pun sempat melakukan komunikasi melalui telegra phone namun tidak sempat saya angkat, dan kemudian mengingatkan untuk saya mengirimkan nama, umur dan akun bank atau e-wallet. Saya pun mengikuti instruksinya dan kemudian Adelina mengirim pesan untuk saya cek rekening dan jika ada uang masuk untuk di screenshoot dan dikirimka melalui telegram. Dan benar ada uang masuk Rp 30.000,- dengan keterangan cash back ke rekening saya.

Selanjutnya ia memberikan instruksi yang terdiri dari 3 hal yang haris saya lakukan, yang disebut dengan task 1 -3 dan seterusnya. Saat itu saya diminta menyelesaikan tugas dengan judul taks 17-19, semuanya hanya buka google maps, cari satu nama, kemudian comment dan screenshoot selanjutnya posting di telegram. Tunggu 15-20 menit uang akan masuk, yakni sebesar Rp 27.000, dan benar uang yang dijanjikan masuk.

Contoh instruksinya;

Task: 18 

1.Open "Google Maps" and search for: 

 "Tegenungan Waterfall" 

2. Make a comment and take a screenshot to the receptionist 

3. The task time is 25 minutes 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline