Lihat ke Halaman Asli

M UludRisaldi

TaroaNtara

Resensi dan Kutipan Buku "Cantik Itu Luka"

Diperbarui: 11 April 2021   21:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Identitas Buku

Judul Buku      :           Cantik Itu Luka

Pengarang       :           Eka Kurniawan

Tebal Buku     :           479

Penerbit           :           PT. Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit   :           2015

Ringkasan Buku 

Eka Kurniawa merupakan alumnus Fakultas Filsafat UGM. Cantik itu luka merupakan novel pertama yang menjadi karya Eka, setelah sebelumnya menulis buku Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis.Cantik itu luka merupakan novel beraliran realisme magis yang berlatar sejarah perjuangan pra kemerdekaan dan pasca kemerdekaan bangsa Indonesia. Buku ini menguak perempuan yang dijadikan objek seksual bagi laki-laki. Sampai saat ini buku cantik itu luka sudah diterjemahkan dalam berbagai bahasa seperti Jepang, Inggris, dan Malaysia.

Tokoh utama dalam novel pertama Eka Kurniawan ini adalah seorang perempuan yang memiliki darah campuran Indonesia dan Belanda yang lahir pada masa penjajahan Belanda di Indonesia bernama Dewi Ayu. Dewi Ayu merupakan anak dari hasil perkawinan inses antara Henri Stammler dan Aneu Stammler yang merupakan pasangan satu ayah beda ibu. 

Henri Stammler lahir dari pasangan Belanda Ted Stammler dan Marietje Stammler sedangkan Aneu Stammler merupakan hasil dari Ted Stammler dan wanita Indonesia yang saat itu dijadikan gundik oleh Ted Stammler bernama Mak Iyang. Perkawinan inses ini membuat ayah dan ibu Dewi Ayu pergi meninggalkan rumah, serta menitipkan dewi ayu pada Ted Stammler dan Marietje Stammler. Latar tempat dari novel ini yaitu Kota Halimunda merupakaan kota fiksi ciptaan Eka Kurnkiawan.

Dewi Ayu dianugrahi kecantikan dan kedewasaan berpikir diatas wanita seumurannya, hal ini membuat Dewi Ayu sangat menonjol dalam berbagai hal. Keputusan pertama yang membuat orang-orang terkejut adalah keputusan Dewi Ayu ingin menikahi Mak Gendik yang merupakan lelaki tua sebatang kara. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline