Lihat ke Halaman Asli

Tarjum Sahmad

Sambil bekerja, menekuni dunia marketing dan jalani hoby menulis.

Cara Hidup Sehat Orang Desa

Diperbarui: 6 Maret 2018   17:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pribadi

Saya sangat bersyukur, Tuhan memberi saya karunia kesehatan yang sangat baik, semua ini atas kemurahan dan kasih sayang-Nya.

.

Karena di dunia ini ada hukum sebab akibat, jadi untuk sehat tentu ada ikhtiarnya. Ikhtiar yang saya lakukan adalah menjalankan pola makan, pola pikir dan gaya hidup sehat.

.

Dalam soal makan, saya tidak terlalu suka makanan berlemak seperti daging sapi, daging ayam, ikan dan sejenisnya. Sesekali saya suka makan-makanan tersebut, tapi tidak sering.

Dok.pribadi

Saya lebih suka makanan yang bahan dasarnya dari tumbuh-tumbuhan seperti tempe, tahu, sayur asam, sambal dan sejenisnya. Saya juga suka makan lalapan mentah dan segar, seperti mentimun, kacang panjang, terung, daun kemangi, daun jambu monyet, jengkol, petai dll.

.

Sebagian besar makanan yang saya konsumsi adalah hasil budidaya sendiri. Nasi yang saya makan padinya hasil tanam sendiri di sawah milik keluarga. Sayur, lalapan dan buah-buahan yang saya makan juga juga hasil budidaya di kebun sendiri.

Dok.pribadi

Jadi, saya tahu beras, sayur dan buah yang saya makan itu sehat dam alami atau tidak. Memang, makanan tersebut tidak sepenuhnya bebas bahan kimia, karena padi, buah dan sayur yang kami tanam juga menggunakan pupuk kimia dan pestisida, tapi masih dalam dosis yang rendah dan aman.

.

Selain menjaga pola makan, saya juga menjaga pola pikir. Dalam situasi dan kondisi apapun, saya selalu berusaha berpikir dan bersikap positif. Saya selalu berusaha untuk menjauhkan diri dari stress yang bisa memicu pertumbuhan bakteri jahat, virus dan racun di dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline