Lihat ke Halaman Asli

Tarjum Sahmad

Sambil bekerja, menekuni dunia marketing dan jalani hoby menulis.

Inspirasi dari Gadis Mungil dengan "Down Syndrome"

Diperbarui: 5 Maret 2018   18:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dok. pribadi

Ketika menginjak usia tiga tahun, saat anak-anak lain seusianya sudah pandai berjalan dan berlari, Rika belum bisa berjalan. 

Orang tuanya sangat khawatir anaknya tidak bisa berjalan sampai dewasa. Segala upaya pengobatan dilakukan, dari pengobatan medis sampai alternatif, namun belum juga menunjukan hasil seperti yang diharapkan.

Sampai suatu saat, sang ibu membaca status BBM saya yang menjelaskan manfaat suplemen herbal untuk kesehatan. Dia tertarik dengan penjelasan tantang manfaat suplemen herbal tersebut.

Sampai akhirnya dia cerita soal puteri kecilnya yang di usia 3 tahun belum juga bisa berjalan. Dia sempat mengatakan, berapapun harga produknya akan dia beli jika bisa membuat putri kecilnya bisa berjalan.

Singkat cerita, dia berminat mencoba suplemen herbal untuk putri kecilnya. Dia sangat berharap dengan produk tersebut, putrinya bisa segera berjalan seperti teman-teman sebayanya.

Beberapa minggu kemudian, saya mendapat kabar dari Rina, bahwa Rika sudah mulai bisa berjalan, walau masih tertatih-tatih. Alhamdulillah, atas Izin Allah, do'a tulus yang tak pernah terputus dari orang tuanya dan syariatnya suplemen herbal, Rika sudah bisa berjalan.

Suatu hari saya mengunjungi Rika di rumah neneknya. Entahlah apakah dia masih mengenali saya atau tidak. Rika, mudah akrab dengan siapa saja, bahkan dia tergolong pemberani, sama sekali tak takut kepada orang yang baru dikenalnya.

Ketika saya minta Rika berjalan untuk saya rekam, dengan antusias dia berjalan bolak-balik. Saya juga ambil beberapa foto, selain untuk dokumentasi, juga untuk memenuhi permintaan ibunya agar saya mengirimkan foto-foto terbaru Rika. Ketika saya tunjukan kepada Rika, rekaman video dan foto-foto dirinya, dia terlihat senang sekali sampai tertawa-tawa lepas.

Sekilas Tentang Down Syndrom

Down Syndrom (Down syndrome) adalah suatu kondisi keterbelakangan perkembangan fisik dan mental anak yang diakibatkan adanya abnormalitas perkembangan kromosom.Kromosom ini terbentuk akibat kegagalan sepasang kromosom untuk saling memisahkan diri saat terjadi pembelahan.

Kromosom adalah serat-serat khusus yang terdapat di dalam setiap sel di badan manusia dimana terdapat bahan-bagan genetik yang menentukan sifat-sifat seseorang. Selain itu down syndromdisebabkan oleh penyimpangan kromosom semasa konsepsi. Ciri utama daripada bentuk ini adalah dari segi struktur muka dan satu atau ketidakmampuan fisik dan juga waktu hidup yang singkat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline