Lihat ke Halaman Asli

Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris

Diperbarui: 17 Juni 2015   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14149871411483063108

Biasanya ada dua cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris, cara Amerika (US) dan cara Inggris (UK). Kedua cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris ini hanya berbeda dari segi urutan penulisan posisi bulannya saja. Jika menggunakan cara Amerika maka posisi bulan akan berada di depan lalu diikuti hari dan tahun. Penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris model Inggris akan sama dengan penulisan tanggal dalam Bahasa Indonesia, yaitu dengan urutan hari,bulan dan tahun.


[caption id="attachment_371603" align="aligncenter" width="565" caption="Penjelasan cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris"][/caption]


Mereka yang sudah paham tentu tidak akan sulit kapan kita menggunakan cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris model Amerika atau Inggris. Secara umum jika kita akan menulis surat ke Amerika, maka penulisannya akan menggunakan model Amerika, begitu juga sebaliknya.


Ada hal yang perlu diperhatikan saat kita membaca tanggal dalam Bahasa Inggris, yaitu model apa yang digunakan. Terkadang saat kita menemukan sebuah penulisan tanggal seperti 01/04/14 secara tunggal, maka kita akan menerka-nerka, tanggal berapa itu. Apakah itu tanggal 1 April 2014 atau tanggal 4 Januari 2014. Apalagi dalam kegiatan terjemahan Inggris Indonesia, tentu ini akan sangat krusial sekali.


Sebenarnya kalau kita jeli, maka hal itu tidak akan sulit. Jika kita bisa menebak asal dokumen tersebut dari mana, apakah itu dari daerah Amerika atau Eropa, maka kita bisa menerjemahkan tanggal tersebut.


Terkait cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris Amerika atau Inggris ini ada hal lain yang perlu diperhatikan. Kita tahu kalau proses distribusi sebuah bahasa erat sekali kaitannya dengan proses perdagangan.  Jika Amerika saat ini (mungkin) mendominasi perangkat lunak, maka secara otomatis, pengaturan awal penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris perangkat lunak tersebut akan menggunakan gaya Amerika. Lihat saja Microsoft Word yang menggunakan pengaturan tanggal model Amerika sebagai pengaturan awalnya. Dikarenakan banyaknya pengguna perangkat lunak ini, bisa saja model cara penulisan tanggal ini mendominasi.


Bagaimana dengan penulisan cara tanggal Inggris, tentu hal ini tidak perlu dibahas secara rinci mana yang mendominasi mana yang tidak. Namun yang jelas, kita harus mengetahui dua model umum cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris ini. Terlebih-lebih lagi pada saat kita melakukan proses penerjemahan tanggal dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia.


Semoga bermanfaat ;)


Gambar diambil dari: http://www.tarjiem.com/2014/10/cara-penulisan-tanggal-dalam-bahasa-inggris-indonesia.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline