Lihat ke Halaman Asli

Tarisa dorsalinda

Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP Kuliah Institut Pariwisata Trisakti

Indahnya Bawah Laut Indonesia

Diperbarui: 24 Agustus 2023   11:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Seperti yang kita tahu bahwa Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Itu juga yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara maritim, karena melimpahnya hasil laut yang menjadi salah satu pendapatan masyarakat.

Selain itu keindahan alam laut tersebut juga bisa menjadi destinasi wisata untuk menarik minat wisatawan. Nah berikut ini ada beberapa destinasi wisata laut yang bisa menjadi pilihan ketika berlibur.

1. Raja Ampat

Wisata yang terletak di kota Sorong, Papua barat ini merupakan salah satu destinasi wisata laut yang cukup terkenal karena keindahan bawah lautnya. Berbagai spesies ikan di sini dapat dilihat secara langsung akibat kejernihan airnya yang baik sehingga wisatawan bisa langsung melihat berbagai ikan hanya dari atas perahu. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh wisatawan seperti, snorkling, diving, dan lain sebagainya.

2. Labuan bajo

Wisata ini merupakan salah satu destinasi wisata yang menjadi favorit wisatawan saat berlibur, karena di sini memiliki keunikan tersendiri yaitu dapat menginap di tengah laut dengan kapal yang dilengkapi berbagai fasilitas. Di sini wisatawan juga bisa melakukan berbagai aktivitas di laut, dan juga bisa menuju ke beberapa pulau di sekitarnya seperti Pulau komodo dan Pantai pasir pink.

3. Kepulauan Derawan

Wisata daerah Kalimantan ini juga salah satu destinasi dengan keinginan alam laut yang sangat indah. Seperti biasa laut Indonesia selalu memberikan bawah laut yang mengagumkan karena berbagai ikan ada di sini. Selain ada ikan ikan yang menghiasi laut tersebut ada juga keindahan lainnya yaitu berbagai spesies terumbu karang.

4. Kepulauan Seribu

Kepulauan Seribu ini terletak di Kota administrasi kepulauan seribu, DKI Jakarta. Untuk menuju destinasi wisata ini bisa melalui pelabuhan Muara Angke untuk menyebrang kemudian nanti bisa berganti ke kapal kapal kecil untuk melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau kecil di sekitarnya. Di sini selain ada resort untuk bermalam, bisa juga mendirikan tenda untuk melakukan kemah. Di sini tentu juga bisa melakukan aktivitas laut dan biasanya ada fasilitas untuk foto di bawah laut.
Itu dia beberapa destinasi wisata bawah laut yang cukup terkenal dan masih menjadi favorit wisatawan. Karena saat ini masih pandemi, destinasi wisata di atas tadi tentunya dilengkapi dengan protokol kesehatan yang ketat dari mulai scan kode batang di aplikasi Peduli Lindungi, lalu setiap fasilitas wisata tersebut selalu dilakukan penyemprotan disinfektan secara rutin, setiap pengunjung juga dibatas biasanya hanya 50%-70% dari kapasitas maksimal, selain itu juga petugas selalu memberikan himbauan agar wisatawan tetap melakukan jaga jarak aman dan destinasi wisata tersebut juga dilengkapi dengan fasilitas kesehatan seperti tempat cuci tangan dengan air mengalir dan disediakan sabun serta ada hand sanitizer di setiap tempat, ada juga tempat sampah yang lengkap untuk tetap menjaga lingkungan agar wisatawan tidak buang sampah sembarangan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline