Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa UPI Bandung Melaksanakan KKN Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 secara Online di Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung

Diperbarui: 22 Desember 2020   15:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bandung (22/12)

Elusifitas dampak dari pandemi covid-19 semakin meninggi. Permasalahan yang muncul sebagai akibat dari adanya pandemi bersifat meluas. Bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat, bahkan pandemi memberikan dampak terhadap kehidupan sosial masyarakat secara lebih luas, termasuk kesejahteraan keluarga. Dalam hal ini, keterlibatan seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan untuk dapat menyelesaikan permasalahan ini secara komprehensif

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai salaha satu perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat, melaksanakan kegiatan KKN Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19 (KKN PPDC). Adapun, secara umum kegiatan ini meliputi :

1) taahap persiapan; (2) tahap pelaksanaan; (3) tahap monitoring dan evaluasi; (4) tahap seminar hasil KKN Tematik; (5) tahap penarikan mahasiswa; (5) tahap pelaporan; dan (6) tahap tindak lanjut. Kuliah Kerja Tematik merupakan sarana belajar yang tepat bagi mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai program kurikuler bertujuan: (1) melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (IPTEKSBUD) yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat, (2) melatih dan mengembangkan soft skills dan karakter mahasiswa, (3) melatih mahasiswa untuk memahami kondisi masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan, sehingga mahasiswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan, dan (4) menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berpihak kepada kejujuran, keadilan, kebenaran dan masyarakat miskin  (Pedoman KKN Tematik UPI, 2020).

Adapun, secara teknis mahasiswa melaksanakan kegiatan KKN PPDC secara daring dengan lokasi sesuai dengan tempat tinggal masing-masing. Kegiatan pengabdian yang diberikan adalah meliputi kegiatan program edukasi pencegahan dan penanggulangan dampak covid-19, pengembangan sektor ekonomi mikro saat pandemi, dan pembinaan pendidikan kepada siswa tingkat TK hingga SMA. 

Di Kecamatan Panyileukan, Kota Bandung beberapa mahasiswa UPI Bandung melaksanakan KKN PPDC melaksanakan kegiatan KKN berupa kerjsama dengan pengelola lingkungan untuk membersihkan lingkungan, memberikan poster untuk pencegahan covid-19, dan melaksanakan kerjasama dengan sekolah terdekat untuk melaksanakan pembimbingan pada peserta didik tentang informasi mengenai pencegahan dan penangggulangan dampak Covid-19.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline