Lihat ke Halaman Asli

Ombak Terbaik untuk Selancar di Dunia Ternyata Ada di Indonesia

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Surfing adalah salah satu olahraga ekstrim di dunia. Peminat olahraga ini kebanyakan berasal dari kalangan anak muda. Salah satu faktor pendukung olahraga ini adalah ombak pantai yang sempurna. Para peselancar tentunya sudah tau kriteria ombak yang baik untuk surfing. Perlu diketahui, ternyata ombak terbaik untuk surfing di dunia salah satunya ada di Indonesia. Bahkan konon ada di peringkat kedua setelai Hawai. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Plengkung atau yang akrab disapa G-Land yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Banyuwangi, Jawa Timur.

Akses ke Pantai Plengkung

Ada dua cara untuk mencapai tempat ini. Pertama, yaitu jalur darat. Yaitu dengan naik bus jurusan Banyuwangi-Kalipait sekitar 59 km, dilanjut dengan ojek atau menyewa mobil ke Pasaranyar sejauh 3 km, lanjut ke Pancur sekitar 15 km, kemudian Pacur-Plengkung yang berjarak 9 km. Cara kedua yaitu jalur darat dan laut. Yaitu dengan menempuh perjalanan dari Banyuwangi menuju Benculuk sekitar 35 km menggunakan bus, dilanjut Benculuk-Grajagan sekitar18 km, lalu dari pantai Grajagan langsung ke pantai Plengkung dengan naik speedboat.

Ombak di Plengkung

Ombak di pantai ini sangat tinggi. Tingginya bisa mencapai 6-8 meter dengan panjang bisa mencapai 2 km. Maka dari itu ombak ini hanya cocok untuk peselancar profesional dan tidak untuk peselancar amatir. Bulan Mei-September adalah waktu yang tepat untuk berselancar. Terutama pada bulan Juli-September, banyak sekali peselancar mancanegara yang berdatangan.

Tidak Rugi

Bagi anda yang tidak terlalu mahir dalam berselancar, jangan khawatir. Anda tidak akan rugi datang ke tempat ini. Karena selain memiliki ombak yang besar, pemandangan di sekitar pantai juga sangat indah. Karena masuk dalam kawasan taman nasional, tempat ini sangat dijaga kelestariannya. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berkunjung ke salah satu tempat wisata yang ada di Banyuwangi ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline