Lihat ke Halaman Asli

Tapa Shidiq

Belajar mentuturkan gagasan lewat tulisan.

Ronaldo dan Sejauh Mana Olahraga Membentuk Karakter

Diperbarui: 18 Juni 2021   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sebuah Vidio Viral yang memperlihatkan aksi seorang mega bintang Sepak Bola, Christiano Ronaldo. Peraih 5 penghargaan Baloon D'oor itu tampak menggeser dua buah botol Coca cola dan berkata "Minumlah air putih bukan coke (coca cola)" sambil mengacungkan sebuah botol air mineral kehadapan kamera.

Sikap spontanitas pemain yang akrab disapa CR 7 itu sebenarnya adalah sebuah hal wajar. Bagi olahragawan memilih air putih dan menghindari softdrink adalah sebuahpola hidup sehat. Namun, tidak menjadi sederhana manakala yang melakukan tindakan spontan itu adalah seorang mega bintang. Belakangan disebutkan bahwa saham perusahaan coca cola merugi hingga lebih dari 57 Triliyun rupiah.

Dunia bersyukur memiliki Ronaldo yang bisa menjadi contoh rujukan, bagaimana seorang olah ragawan memiliki integritas. karena sejatinya olahraga adalah sebuah pendidikan karakter yang efektif.

Industrialisasi sepak bola yang menarik banyaknya sponsor, seharusnya tidak menjadikan olah raga menjadi terlalu pragmatis.
stake holder dalam industri sepak bola seharusnya meilih mana saja perusahaan yang dapat menjadi sponsorship.
jangan sampai industrialisasi dalam sepak bola justru menciderai nilai luhur yang diusung oleh olah raga yang paling digemari dimuka bumi ini.

Semua unsur dalam sepak bola harus menyadari bahwa sepak bola bukan sekedar hiburan. Tapi disana ada unsur pendidikan karakter, nasional dignity dan kemanusiaan.

Ronaldo sudah memulai, dan kita sama-sama berharap bahwa industi sepak bola tidak menjadi murahan dan kehilangan integritasnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline