Lihat ke Halaman Asli

Tanur Widodo

Mahasiswa S1 Teknik Sipil UNDIP

Wow Keren! Mahasiswa KKN UNDIP Merancang Wisata Pemancingan Desa Kedungwaduk Bertema Green Tourism Destination

Diperbarui: 14 Februari 2022   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Sragen (14/02/2022). Ridwan (2012:5) mengemukakan pengertian objek wisata adalah segala sesuatu yang memilik keunikan, keindahan dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.

Desa Kedungwaduk memiliki lokasi yang cukup strategis karena dekat dengan tempat wisata Ndayu Park dan memiliki potensi wisata untuk menambah pemasukan desa, akan tetapi potensi wisata yang ada belum digerakkan. Maka dari itu, Mahasiswa KKN UNDIP, Tanur Widodo, yang saat ini menempuh Semester 8 Jurusan S1 Teknik Sipil, Berinisiasi dalam Perancangan Desain Wisata Pemancingan sejalan dengan tujuan 8 SDGs terkait pertumbuhan ekonomi karena melihat permasalahan yang ada yaitu belum digerakkannya potensi wisata. Pihak desa sebenarnya sudah mempunyai rencana untuk membuat suatu tempat wisata untuk menambah pemasukan desa, akan tetapi masih belum ada ide terkait wisata apa yang akan dijalankan. Pada tahun 2018, pihak desa sudah menginisiasi dengan menanam pohon jambu berskala sedang namun sampai saat ini belum optimal, maka dari itu tempat tersebut akan dijadikan tempat wisata pemancingan.

Desain Wisata Pemancingan yang telah dirancang bertema Green Tourism Destination yang artinya tempat wisata yang tidak merusak alam, akan tetapi tetap mengembangkan potensi yang ada. Pada hari Rabu, tanggal 9 Februari telah dilaksanakan pemaparan hasil desain kepada Pihak Desa Kedungwaduk. Desain Wisata Pemancingan tersebut memiliki komponen utama antara lain Kolam Ikan, Gazebo, Rumah Makan Minimalis, dan Tempat Selfie.

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Koleksi KKN UNDIP, Tanur Widodo

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline