Lihat ke Halaman Asli

Tantri Lukito

Fresh Graduate di Universitas Gunadarma

Kota Tua Jakarta, Tempat Wisata Penuh Sejarah

Diperbarui: 12 September 2023   03:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jakarta adalah salah satu kota di indonesia yang mempunyai banyak tempat bersejarahnya. Pesona kota jakarta memang membuat banyak wisatawan ingin berkunjung atau berwisata kesana bersama teman, saudara, atau mungkin sendirian. Kota Jakarta sendiri juga mempunyai banyak tempat wisata untuk berlibur atau tempat bersejarah yang memiliki banyak pelajaran disana. Salah satu tempat bersejarah adalah Kota Tua Jakarta.

Mengapa Kota Tua Jakarta menurut saya wajib untuk dikunjungi?

Kota Tua Jakarta atau yang lebih dikenal dengan Batavia merupakan kota bersejarah dimana banyak sekali tempat disana yang memiliki nilai historis dan penuh pembelajaran. Di tengah ramai dan  banyak gedung disana, tetap Kota Tua Jakarta masih terlihat menarik untuk dikunjungi. Terdapat banyak Spot foto juga yang memang bagus untuk mengambil foto disana.

Tempat bersejarah lainnya ada Museum Fatahillah, Gedung Arsip Nasional, Museum Bank Indonesia dan Museum Seni Rupa dan Keramik.  Jejak sejarah bisa dilihat dari arsitektur bangunan klasik buatan belanda pada masa kolonial. Pada masa kolonial ini, Belanda mengubah nama kota jayakarta menjadi batavia setelah mengalahkan kesultanan demak dan menjadikan batavia sebagai kantor pusat VOC.

Terlihat banyak sekali peninggalan yang masih bisa dilihat hingga sekarang seperti benda benda peninggalan masa kolonial dan masih banyak lagi. Wisatawan bisa melihat seperti apa perkembangan yang terjadi sejak masa kolonial hingga sekarang. Kota Tua Jakarta adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi karena akses untuk kesana lebih mudah terlebih kereta listrik bisa dinaiki dan turun di stasiun Jakarta Kota.

Selain itu terdapat beberapa opini dari saya yaitu seperti :

1. Beragam tempat jajan seperti kuliner khas indonesia dengan makanan yang begitu enak. Terdapat juga makanan kaki lima dan minuman seperti es teh.

2. Musik jalanan, Pertunjukan orang  bisa tidak menyentuh tanah dan lainnya.

Jadi cobalah untuk mengunjungi Kota Tua Jakarta agar kalian dapat merasakan pengalaman dan mendapat pengetahuan yang dapat diambil dari sana.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline