Lihat ke Halaman Asli

Tanti Febriani

Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga 21107030003

Pantai Pangasan, Wisata Kulon Pacitan Tebing Gunung Lanang Jadi Landmarknya

Diperbarui: 10 Juni 2022   01:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pantai Pangasan (Dokpri.Febri)

Pacitan, kota 1001 goa ini terletak di sebelah barat daya Jawa Timur, yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan. Di Pacitan, tepatnya di Desa Kalipelus terdapat sebuah pantai yang akhir akhir ini sedang booming, wisata pantai tersebut yakni Pantai Pangasan. Pantai Pangasan di pacitan ini merupakan pantai yang terbilang cukup asri. Wisata air yang menghadirkan pemandangan dengan pesona sangat indah, membuat para pengunjung terhipnotis akan keindahannya.

Keindahannya pun bertambah dengan hadirnya tebing batu yang cukup besar menyerupai istana kerajaan di sisi timur dan barat. Kedua tebing ini mempunyai nama masing masing yaitu Gunung Lanang dan Gunung Ganjuran. Pantai ini merupakan jenis pantai yang memiliki bebatuan karang dengan ukuran berbeda di tepiannya. Pantai ini tidak memiliki pasir yang banyak layaknya pantai pada umumnya. Karena penduduk sekitar bekerja sebagai petani, pantai ini pun juga berbatasan langsung dengan sawah milik penduduk.

Pantai Pangasan berada tepat di Dusun Batulapak, Desa Kalipelus, Kecamatan Kebonagung, Kabupaten Pacitan. Sebelum melakukan wisata Pantai Pangasan tentunya anda harus mengetahui jam operasional pantai ini. Objek wisata ini dibuka selama 24 jam. Sebab tak jarang wisatawan yang datang bertujuan untuk camping di area pantai. Sangat disarankan jika akan melakukan perjalanan ke wisata ini sebaiknya datang waktu pagi, siang atau sore hari.

Rute yang bisa anda lewati menuju pantai ini jika dari pusat kota Pacitan membutuhkan waktu sekitar 30 sampai 40 menit untuk menuju Desa Kalipelus, dengan melalui jalur lintas selatan. Sebelum melalui Fly Over Gayam belok kiri memasuki pertigaan jalan yang menanjak. Belok kanan untuk sampai di Pasar Gayam. Kemudian lurus mengikuti Fly Over, hingga masuk gapura Desa Klesem.

Usai melewati Balai Desa Kalipelus kamu akan menjumpai pertigaan jalan, ambil arah kiri dan ikuti jalan yang sudah di hotmix. Jalur menuju Pantai Pangasan ini masih sulit jika dilaui kendaraan roda empat, bagi kendaraan roda dua pun harus ekstra hati hati. Karena kondisi jalannya yang tak terlalu lebar disamping itu jalannya yang penuh dengan kelokan, tanjakan, dan turunan. 

Keadaan jalan tersebut tak akan kalah dengan pemandangan yang di sajikan di pinggirannya. Kanan kiri jalan yang dihiasi dengan rimbunnya pepohonan, dan hanya sesekali anda dapat menjumpai rumah warga.

Ketika sudah sampai jalanan yang menurun agak tajam, dan menjumpai gapura Pantai Pangasan, beberapa meter jalan ke bawah anda akan menemukan parkir kendaraan. Namun tak langsung bisa menikmati pantai. Dari lokasi parkir anda harus berjalan menuruni anak tangga. 

Kemudian dilanjutkan dengan menapaki jalan setapak.  Disepanjang perjalanan menuju pantai dari tempat parkir, berjajar banyak warung makan dan juga minuman. Namun saat masa covid-19 lalu hanya satu warung yang menyediakan makanan. Menariknya sebelum sampai di bibir Pantai Pangasan anda akan disuguhkan dengan hijaunya hamparan sawah milik warga.

Lalu apasih keistimewaan dan daya tarik Pantai Pangasan ini?

Pemandangan Sawah Pantai Pangasan (Dokpri. Febri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline