Lihat ke Halaman Asli

"Clickbait", Bahaya dan Solusinya

Diperbarui: 18 Mei 2018   07:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dailykos.com

Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through).

Banyak dari pembaca setia online (baca : saya sendiri) kadang saat sedang membaca surel pasti terpikat dengan adanya mini ads atau beberapa berita yang mengarah ke situs-situs berita di browser ponsel. 

Kadang, eh sering malahan, saya jadi kecele karena saat artikel dibuka, informasinya jauh dari judul!

Siapa yang pernah merasakan hal yang sama?

Judul artikel terkesan ambigu, kadang bombastis atau bahkan sensasional, namun ternyata informasinya sampah atau hoax! 

Inilah yang dimaksud clickbait. 

Clickbait ini memang tujuannya adalah mendapatkan viewer atau pembaca. Sayang, ada dua sisi mata uang yang dikorbankan. Pertama tentu saja konten yang dibuat tidak akurat, dan kedua isinya hanya berupa sepotong gambar yang menarik pembaca (thumbnail) biasanya menampilkan selebiriti atau orang tokoh masyarakat. Biasanya, sosok yang ditampilkan sedang heboh diberitakan di saluran infotainment

Hal ini juga berlaku di kanal youtube. 

Clickbait dan bahayanya

Benarkah clickbait itu berbahaya? 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline