Umpan klik (clickbait) adalah suatu istilah peyoratif yang merujuk kepada konten web yang ditujukan untuk mendapatkan penghasilan iklan daring, terutama dengan mengorbankan kualitas atau akurasi, dengan bergantung kepada tajuk sensasional atau gambar mini yang menarik mata guna mengundang klik-tayang (click-through).
Banyak dari pembaca setia online (baca : saya sendiri) kadang saat sedang membaca surel pasti terpikat dengan adanya mini ads atau beberapa berita yang mengarah ke situs-situs berita di browser ponsel.
Kadang, eh sering malahan, saya jadi kecele karena saat artikel dibuka, informasinya jauh dari judul!
Siapa yang pernah merasakan hal yang sama?
Judul artikel terkesan ambigu, kadang bombastis atau bahkan sensasional, namun ternyata informasinya sampah atau hoax!
Inilah yang dimaksud clickbait.
Clickbait ini memang tujuannya adalah mendapatkan viewer atau pembaca. Sayang, ada dua sisi mata uang yang dikorbankan. Pertama tentu saja konten yang dibuat tidak akurat, dan kedua isinya hanya berupa sepotong gambar yang menarik pembaca (thumbnail) biasanya menampilkan selebiriti atau orang tokoh masyarakat. Biasanya, sosok yang ditampilkan sedang heboh diberitakan di saluran infotainment.
Hal ini juga berlaku di kanal youtube.
Clickbait dan bahayanya
Benarkah clickbait itu berbahaya?