Liburan adalah salah satu cara yang ditempuh banyak orang untuk menghilangkan kepenatan akibat rutinitas sehari-hari. Itulah mengapa setiap liburan mesti disiapkan sebaik-baiknya supaya mampu memberi manfaat maksimal. Mulai dari transportasi hingga akomodasi mesti disiapkan sebaik-baiknya. Pasalnya, tanpa persiapan yang baik liburan bisa berubah menjadi hal yang merepotkan alih-alih menyenangkan.
Jika Anda adalah pelaku bisnis travel agent, hal di atas seyogianya bisa menjadi kesempatan. Bisnis Anda bisa menjadi solusi untuk membantu konsumen menyiapkan liburan dengan sebaik-baiknya. Namun, travel agent yang seperti apa yang banyak dicari konsumen? Berikut adalah lima kriterianya.
1. Berpengalaman
Kriteria pertama travel agent yang dicari konsumen adalah berpengalaman. Travel agent mesti memiliki jam terbang yang memadai dan track record yang baik sehingga menjadi pilihan konsumen. Travel agent yang berpengalaman banyak dicari konsumen karena umumnya memiliki fitur pelayanan yang lebih lengkap mulai dari informasi mengenai obyek wisata hingga aneka tawaran solusi jika wisatawan mengalami masalah di tempat tujuan. Maka, rintislah travel agent Anda menjadi travel agent yang berpangalaman.
2. Bisa Menjadi Problem Solver
Kriteria kedua travel agent yang dicari konsumen adalah bisa menjadi problem solver. Sebagaimana kita tahu, tidak semua liburan berjalan lancar. Ada kalanya wisatawan menghadapi masalah yang tidak diduga sebelumnya, baik sebelum berangkat atau setelah sampai di tempat tujuan. Dalam hal ini, travel agent yang baik mesti bisa menjadi problem solver bagi masalah konsumen. Konsumen pun akan benar-benar merasakan manfaat travel agent dan akan kembali memilih menggunakan jasa travel agent dalam mengurus liburannya, ketimbang mengurusnya sendiri.
3. Punya Koneksi yang Luas
Kriteria ketiga travel agent yang dicari konsumen adalah memiliki koneksi yang luas. Dalam hal ini, sebuah travel agent mesti memiliki hubungan yang baik utamanya dengan pihak pemerintah, maskapai, maupun komunitas traveling. Koneksi ini akan memudahkan travel agent dalam memenuhi setiap kebutuhan konsumen. Misalnya, izin mengunjungi suatu tempat, perubahan jadwal penerbangan, atau informasi mengenai destinasi wisata baru.
4. Layanan yang Prima
Kriteria keempat travel agent yang dicari konsumen adalah menawarkan pelayanan prima. Travel agent yang baik harus memiliki layanan online 24 jam, sehingga bisa melayani kebutuhan konsumen kapanpun dan dimanapun. Selain itu, travel agent yang baik juga harus responsif dengan pertanyaan bahkan keluhan konsumen. Akan lebih baik, jika travel agent bisa memberikan nilai tambah bagi konsumen yang menggunakan jasanya.
5. Memiliki Banyak Penawaran Menarik