*Jean Piaget & Lev Vygotsky
Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah psikolog di awal tahun 1900-an yang mempelajari anak-anak dan mengembangkan teori kognitif berdasarkan pengamatan mereka. Teori Perkembangan Kognitif Piaget berpusat pada penelitian terhadap anak-anaknya sendiri. Piaget percaya bahwa anak-anak adalah pembelajar aktif dalam perkembangan mereka sendiri. Piaget percaya bahwa anak-anak mengembangkan ide-ide mereka secara independen dari orang lain. Piaget percaya bahwa anak-anak dan remaja melewati tahap-tahap berdasarkan kedewasaan dan perkembangan kognitif.
Teori Jean Piaget
Jean Piaget mengembangkan teori Perkembangan Kognitif yang berfokus pada bagaimana anak-anak bergerak melalui tahap-tahap perkembangan. Tahap-tahap ini menggambarkan bagaimana anak-anak berkembang berdasarkan pengetahuan yang akan mereka peroleh berdasarkan pengalaman dan tingkat kedewasaan mereka.
Jean Piaget mengasumsikan beberapa hal tentang proses belajar anak-anak antara lain:
1.Memperoleh pengetahuan merupakan proses yang berkelanjutan.
2.Anak-anak akan membangun ide-ide mereka sendiri berdasarkan pengetahuan yang telah mereka miliki yang dapat mereka kembangkan.
3.Anak-anak memperoleh dan menemukan pengetahuan melalui interaksi dengan lingkungan. Anak-anak adalah pembelajar aktif yang belajar melalui praktik.
4.Pengetahuan dan perkembangan anak terjadi secara bertahap.
Empat tingkatan dalam teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget yang dilalui anak-anak adalah:
•Tahap Sensorimotor , dari lahir sampai usia 2 tahun