Lihat ke Halaman Asli

Manfaat Puasa dalam Kesehatan

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Selama melaksanakan kegiatan kita dalam sehari kita pencernaan kita bekerja selama 18 tanpa henti. tapi bila kita berpuasa pencernaan makanan kita akan beristirahat selama 14 jam. ini menandakan kalau puasa sangat berguna dalam peristirahatan pencernaan.selain itu apabila kita melaksanakan puasa dengan benar kita bisa mengendalikan berbegai jenis penyakit yang selalu mengganggu dalam aktifitas kita seperti : diabetes, darah tinggi, kolesterol tinggi, tukak lambung, hingga obesitas.

puasa dapat membersihkan tubuh dari sisa-sisa metabolisme karna apabila kita kita sedang berpuasa maka tubuh kita akan menggunakan zat-zat makanan yang tersimpan dan hasilnya bagian-bagian tubuh yang mengalami perbaikan adalah yang sedang lemah atau sakit.manfaat lainnya adalah kadar gula yang terdapat dalam tubuh menurun atau bisa dikatakan dapat melindungi tubuh dari penyakit gula dikarnakan saat kita berpuasa kadar gula darah cenderung turun.hal ini memberikan kesempatan pada kelenjar pankreas untuk beristirahat. seperti yang kita ketahui bersama bahwa kelenjar pankreas ini adalah penghasil hormon insulin.

manfaat lain dalam berpuasa adalah dapat mengurangi berat badan, hal ini lah yang biasa mengganggu kelancaran wanita dalam berpakaian dan menampilkan kecantikannya karna kelebihan berat badan. tapi tak usah cemas lagi puasa sudah bisa mengurangi berat badan karna disebabkan oleh penurunan kadar gula dan garam.adapun maanfaat puasa menurut dinas kesehatan dan KB bahwa ada banyak maanfaat puasa yang sangat berhubungan dengan kesehatan kita yaitu dapat membantu membersihkan tubuh dari racun yang menumpuk dan merusak tubuh, lalu dapat pula memperbaiki hormone yang sangat di butuh kan dalam fisiologi dan biokimia yang ada dalam tubuh, juga menyeimbangkan asam basa di dalam tubuh kita, meremajakansel-sel dalam tubuh. peremajaan sel-sel dalam tubuh saat berpuasa organ pencernaan dan organ lainnya berada dalam posisi relaks sehingga kesempatan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak akan mulai membaik atau akan lebih  baik, selain itu akan lebih meningkat. tapi dalam berpuasa juga kita tidak boleh berpuasa asal-asalan itu malah dapat membuat tubuh semakin tersiksa, nah marilah kita memerhatikan puasa dengan sahur ,dan berbuka yang benar. adapun penjelasan agar puasa kita lancar maka kita harus sahur dengan benar. tips-tips sahur dan berbuka dengan benar :

sahur


  • makan sahur jangan berlebihan
  • makan dengan menu yang beragam dan gizi yang cukup
  • hindari mengonsumsi makanan instan
  • kurangi makanan yang mengandung garam tinggi
  • minum air putih yang cukup saat sahur.
  • kurangi menginsumsi minuman yang manis
  • minum multivitamin


buka :


  • bebuka dengan kurma dan air putih
  • kurangi minuman dingin dan bersoda
  • makan bertahap dan berlahan
  • beri waktu 1 jam sebelum menyantap hidangan utama
  • bagi penderita lambung kurangi makan : ketan, mie, sayuran mentah berserat, bumbu yang tajam karna dapat meningkatkan produksi asam lambung.
  • minum multivitamin.


sebagai kesimpulan bahwa puasa mempunyai banyak manfaat selain manfaat relijius juga kita bisa mendapat manfaat kesehatan seperti yang sudah di jelaskan tadi. maka dari itu marilah berpuasa di bulan ramadhan, atau paling tidak kita menjalan kan puasa sunnah yang telah di ajarkan oleh rasulullah saw.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline