Lihat ke Halaman Asli

TAMRIN

I am a passionate teacher with a high dedication to educating my students. As a teacher, I naturally have the experience to inspire and motivate my students. Additionally, I have a deep love for the world of writing, which is my main hobby.

3 Ide Besar Komunitas Belajar

Diperbarui: 8 Juni 2024   08:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SMA NEGERI 1 BONE KABUPATEN BONE BOLANGO

3 IDE BESAR KOMUNITAS BELAJAR

Tamrin, S.Pd (tamrin231@guru.sma.belajar.id)

Sekelompok Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) yang belajar bersama dan berkolaborasi secara berkelanjutan dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar murid merupakan inti dari komunitas belajar yang efektif di sekolah. Komunitas ini berlandaskan pada tiga ide besar yang berfungsi sebagai pilar utama dalam menjalankan seluruh kegiatan pembelajaran kolaboratif. Ketiga ide besar ini memastikan bahwa komunitas belajar memberikan kontribusi signifikan pada pembelajaran berkualitas, yang dilakukan dengan kerjasama untuk meningkatkan hasil belajar murid.

I. BERFOKUS PADA PEMBELAJARAN 

Fokus pada pembelajaran berarti setiap kegiatan dalam komunitas belajar dirancang untuk memastikan bahwa murid mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Pertanyaan kunci yang harus dijawab oleh para pendidik meliputi :

A.   Apa yang kita harapkan murid pelajari?

Para pendidik harus memiliki kurikulum yang jelas dan tujuan pembelajaran yang spesifik. Ini mencakup standar kompetensi yang harus dicapai oleh murid. Dalam konteks komunitas belajar di sekolah, ada beberapa hal utama yang diharapkan dapat dipelajari oleh para murid, antara lain :

a) Penguasaan Materi Akademik

  • Murid-murid diharapkan dapat menguasai dan memahami materi pelajaran sesuai dengan kurikulum dan tujuan pembelajaran.
  • Mereka dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan kognitif yang dibutuhkan untuk mencapai hasil belajar yang baik.

b) Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah

  • Murid-murid diharapkan dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, analitis, dan kreatif dalam memecahkan masalah.
  • Mereka dapat belajar mengidentifikasi, menganalisis, dan menemukan solusi atas berbagai tantangan akademik maupun kehidupan sehari-hari.

c) Keterampilan Kolaborasi dan Komunikasi

  • Murid-murid diharapkan dapat belajar bekerja sama dalam kelompok, bertukar ide, dan saling memberi masukan.
  • Mereka dapat mengembangkan kemampuan komunikasi lisan maupun tertulis yang efektif.

d) Karakter dan Kepribadian Positif

  • Murid-murid diharapkan dapat memupuk nilai-nilai positif seperti rasa tanggung jawab, disiplin, percaya diri, dan kepedulian terhadap sesama.
  • Mereka dapat belajar mengembangkan kebiasaan belajar yang baik serta keterampilan hidup yang bermanfaat.
Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline