Lihat ke Halaman Asli

Tamara asmara

Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

KKN Untag Surabaya, Mahasiswa Bantu UMKM Kembangkan Pemasaran di Platform Digital

Diperbarui: 23 Juni 2022   18:28

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

pemilik UMKM Dapur Mama Muda (Dokpri)

Surabaya, 23 Juni 2022---Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini suatu hal yang wajib ada disetiap perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. 

Kegiatan ini tidak pernah absen disetiap tahunnya. Kegiatan KKN yang pada umumnya dilaksanakan secara berkelompok, namun dikarenakan situasi saat ini yang masih rawan adanya Covid-19 sehingga berubah menjadi KKN dilakukan secara individu.

(Dokpri)

Kegiatan KKN yang dilaksanakan oleh salah satu mahasiswa Untag Surabaya, Tamara Asmara sebagai mahasiswa Administrasi Bisnis Untag Surabaya. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 12 hari dengan didampingi Bapak Fatkhurrohman, ST., M.Eng selaku dosen pembimbing lapangan. Ia mengemas kegiatan KKN ini dengan membantu pelaku pemilik UMKM "Dapur Mama Muda. 

Dengan mengangkat tema "Pelatihan kreativitas masyarakat dan pengembangan pemasaran UMKM pada Dapur Mama Muda". UMKM ini tidak bertempat jauh dari kediaman Tamara, yaitu di Desa Bogempinggir RT/RW 1/1 Kec. Balongbendo Kab. Sidoarjo. Adapun program kegiatan yang dilakukan selama KKN yaitu melatih mengembangkan pemasaran produk dan meningkatkan penjualan. 

Dengan memanfaatkan media sosial yaitu Instagram untuk mempromosikan produk. Kegiatan lain yang dilakukan yaitu membuat logo dan banner usaha, serta membuat sebuah inovasi menu varian baru.

Promosi di Instagram @dapurmamamuda2022 (Dokpri)

Dalam pembuatan menu varian baru ini, mahasiswa dan pemilik UMKM terkait mebuat sebuah inovasi baru. Produk tersebut terbuat dari air kelapa yang dicampur dengan susu kental manis dan diatasnya ditaburi irisan alpukat. 

Menu varian baru ini diberi nama "Es Degan Alpukat Susu". Selain menciptakan inovasi menu varian baru, mahasiswa dan mitra melakukan proses pemasaran melalui akun media sosial Instagram @dapurmamamuda2022. Pemasaran ini bertujuan agar produk dijangkau lebih luas oleh konsumen dan mengalami peningkatan penjualan. 

Dengan adanya kegiatan ini. "Saya merasa sangat terbantu sekali, dimulai dari pembuatan banner dan logo, mempromosikan produk secara online, sampai membuatkan menu baru. Alhamdulillah warung saya dapat berkembang dan mengikuti era perkembangan yang ada." Ujar Pemilik UMKM Dapur Mama Muda.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline