Lihat ke Halaman Asli

Peran Sosial Media dalam Kegiatan Public Relations

Diperbarui: 15 Mei 2023   20:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Seperti yang kita ketahui media sosial merupakan salah satu platform digital yang memfasilitasi penggunanya untuk saling bersosialisasi dan berinteraksi, baik itu berkomunikasi atau membagikan konten berupa tulisan, foto dan video. Segala konten yang dibagikan didalamnya akan terbuka untuk publik dan bisa dikunjungi kapan pun tanpa batas waktu . Media sosial itu sendiri salah satu aplikasi yang dibantu internet, sehingga selama pengguna tersambung dengan koneksi internet yang baik maka proses penyebaran konten bisa dilakukan pada saat itu juga. Dengan seiring waktu dan perkembangan jaman yang terus maju, media sosial disaat ini tidak bisa dipungkiri kehebatanya dan memiliki koneksi yang terus  meluas  di setiap waktunya. Terlebih lagi seorang ahli Chris Brogan (2010) mendefinisikan, media sosial adalah satu perangkat alat komunikasi yang di dalamnya memungkinkan untuk terjadi jenis interaksi baru.

Public Relations itu sendiri adalah proses interaksi antara organisasi dengan masyarakat dalam menciptakan opini publik, memberikan persepsi,dan menciptakan partisipasi publik. Atau secara garis besar, strategi perusahaan untuk membangun relasi baik dengan public supaya dapat mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya.

Dengan perkembangan media sosial orang semakin mudah untuk mengakses informasi apa saja yang mereka inginkan serta memudahkan seseorang untuk bisa mendapatkan sebuah informasi. Hal ini akan berpengaruh untuk para Public Relations terutama dalam membangun reputasi dari sebuah brand. Public Relations dituntut untuk memiliki skill lebih untuk membangun reputasi, bukan saja melalui media konvensional, melainkan melalui berbagai platform media digital dan social media. Maka dari itu, seorang Public Relations harus banyak melakukan research mendalam untuk mendukung usaha membangun reputasi dari brand terkait.  Sehingga dengan hal ini bagaimana seorang Public Relations dapat mengkomunikasikannya kepada publik melalui berbagai platform media dengan baik.

Selain itu, terdapat manfaat media sosial bagi Public Relations yang bisa didapat, diantaraya:

1. Social media dapat digunakan untuk membantu dalam  meningkatkan kesadaran publik tentang perusahaan dan meningkatkan jangkauan komunikasi dalam memperkenalkan suatu usaha.

2.  Dalam segi meningkatkan komunikasi kemudahan penggunaan social media, setiap orang dapat memposting pemikiran mereka tentang berbagai topik. Dengan menggunakan saluran komunikasi ini, seseorang  dapat mengembangkan hubungan dengan pembaca, yang kemudian dapat digunakan dalam aktivitas Public Relations dan penargetan  kepentingan untuk memastikan postingan yang relevan dan menarik sehingga lebih mungkin untuk dibaca.

3. Terintegrasi dengan Mudah sehingga dapat memaksimalkan basis pembacanya dengan menggunakan koneksi online untuk mempromosikan usaha dan memberi kemudahan kepada pembaca lebih besar Semakin banyak orang yang mengetahui tentang perusahaan dan apa yang dilakukannya, maka semakin besar kemungkinan usaha akan berhasil dan menarik pelanggan setia.

Hal ini bisa terjadi karena media sosial dalam mempengaruhi public relations pun luas di era banyaknya platfrom yang bisa digunakan sebagai salah satu strategi tersendiri disaat ini. Tetapi dengan adanya ini diharapkan seseorang bisa jauh lebih paham dan mengerti lebih jauh.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline