Lihat ke Halaman Asli

Badrut Tamam

Nikmati tiap jengkal di mana kakimu berpijak, karena di atasnya ada langit yang harus engkau junjung

US SD Hari Kedua, Soal Mata Pelajaran Matematika Lumayan Sulit

Diperbarui: 17 Mei 2016   11:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SAMARINDA, KOMPASIANA.COM,-Hari ini Selasa (17/05/2016) ribuan siswa-siswi SD-MI dan yang sederajat menghadapi Ujian Sekolah (US) 2016 hari kedua. Mata pelajaran yang dihadapi adalah mata pelajaran yang sering sekali dianggap paling sulit dan menakutkan bagi sebagian siswa yakni Matematika.

Sebagaimana dialami Oka Wardhana dan teman-temannya Mozza Nugraha dan Muhammad Zidane Awalian Akbar peserta didik kelas 6 Imam Syafi’i Sekolah Dasar Fastabiqul Khairat Samarinda. Ketiganya sepakat bahwa soal ujian sekolah mata pelajaran Matematika kali ini lumayan sulit. Padahal ketiganya sudah belajar dan focus untuk menghadapi ujian sekolah mata pelajaran Matematika sudah sejak sebulan lalu.

“Lumayan sulit, dari 40 soal matematika yang diujikan ada beberapa yang saya anggap sulitnya keterlaluan,”Ujar Oka Wardhana memberikan pendapatnya. Mendengar pendapat temannya itu, Mozza Nugraha menyahut antusias. “Iya ada beberapa soal tadi yang lumayan sulit. Saya saja tadi belajar sampai malam tapi masih saja merasa kesulitan mencerna soal-soal Matematika,”ungkapnya.

Senada dengan temannya, Muhammad Zidane turut ambil bagian dalam menyalurkan pendapatnya. “Tadi itu lumayan sulit memang. Predikatnya sedanglah untuk ukuran mata pelajaran ujian sekolah. Tapi kami berharap nilai kita nanti akan memuaskan karena kita sudah berusaha,”ulasnya.

Dengan soal yang lumayan sulit itu, lanjut Muhammad Zidane, waktu dua jam pun kurang untuk mengerjakan ujian secara maksimal. Kendati demikian, dia bersyukur lantaran mampu menyelesaikan ujian secara tuntas dan tepat waktu.

Di tempat terpisah, siswi SD Fastabiqul Khairat di Jalan AW Syahrani bernama Gayla Regizha Aulia binti Muchammad Sumedi menganggap soal ujian sekolah mata pelajaran matematika 2016 tidaklah terlalu sulit. Menurutnya hanya ada sekitar 5-6 soal yang sulit.

“Matematika tadi tidak terlalu sulit. Insyaallah saya bisa mengerjakannya dengan baik. Tapi ada sih yang sulit. Ada lima sampai enam soal yang menurut saya lumayan sulit tentang satuan luas suatu bangun,”Ungkap siswi akrab disapa Zha-zha itu yang diiyakan oleh teman-teman sejawatnya seperti Zahra dan Rachel Davina Islami.

Setelah melewati hari kedua US 2016, Zha-zha bersama teman-temannya berharap ujian besok dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) akan lebih mudah dari hari ini.#TAMAM Foto dokumentasi pribadi


cimg6704-573a9796f59273e8049df15d.jpg


cimg6684-573a978050f9fdcf06566793.jpg


Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline