Lihat ke Halaman Asli

tallyinteractiv

Berita Sepakbola dan olahraga lainnya diulas secara lengkap disini

Peraturan Lengkap Futsal yang Pemula Harus Tau!

Diperbarui: 14 Oktober 2021   12:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Shutterstock via tempat.com

Permainan futsal ialah permainan yang termasuk ke dalam olahraga yang dikompetisikan pada tingkat regional, nasional, sampai internasional. Sebelum memainkan olahraga ini, kita seharusnya tahu lebih dahulu dan mengerti mengenai hukum -- hukum apa saja yang berlaku di dalam permainan futsal.

Federation Internationale de Football Association atau FIFA sebagai induk olahraga futsal telah membikin berjenis-jenis hukum di dalam permainan futsal. Ada sebagian hukum yang dihasilkan. Supaya lebih terang, di bawah ini kami akan berikan hukum futsal terlengkap untuk kalian.

1. Lapangan dan Bola

Lapangan futsal harus berbentuk empat persegi panjang. Garis samping pembatas lapangan harus lebih panjang dari garis gawang.

Luas lapangan futsal untuk pertandingan non internasional adalah:

  • Panjang lapangan : 25 meter -- 42 meter
  • Lebar lapangan : 16 meter -- 25 meter
  • Lingkaran tengah berdiameter 6 meter
  • Garis batas: garis selebar 8cm, yaitu garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung -- ujung, dan garis melintang di tengah lapangan
  • Daerah penalti merupakan busur berukuran 6 meter dari setiap pos
  • Garis penalti 6 meter dari titik tengah garis gawang
  • Garis penalti kedua 12 meter dari titik tengah garis gawang
  • Zona pergantian daerah 6 meter atau 3 meter di tiap sisi garis tengah lapangan pada sisi tribun dari pelemparan

Luas lapangan untuk pertandingan internasional

  • Panjang lapangan : 38 meter -- 42 meter
  • Lebar lapangan : 20 meter -- 25 meter

Bola futsal berbentuk bulat dan terbuat dari kulit dengan diameter bola 62 -- 64 cm. berat bola sendiri sekitar 400 -- 440 gram serta mempunyai kekuatan pantul 50 -- 65 cm. bola yang diterapkan dalam permainan futsal sepatutnya terbuat dari kulit atau bahan sejenisnya yang tidak berbahaya.

2. Durasi Pertandingan

Dalam aturan komplit futsal, durasi laganya sungguh-sungguh berbeda dengan sepak bola. Durasi perlombaan futsal optimal ialah 2 x 20 menit dalam satu perlombaan. Sempurna para pemain akan bermain adala sekitar 40 menit. Jumlah ini belum termasuk pertambahan waktu.

Waktu dapat diperpanjang cuma untuk melaksanakan tendangan penalti. Timer akan diberhentikan dikala bola keluar bagus keluar dari sisi lapangan ataupun dikala terjadi tendangan melenceng dan baru akan diaktifkan kembali sesudah bola kembali menjelang lapangan.

Laga diawali dengan cara lempar koin yang dilanjutkan dengan kickoff. Kickoff selanjutnya dikerjakan sesudah salah satu regu mencetak gol serta di permulaan babak kedua. Pemain bisa seketika menendang bola kick off ke arah gawang. Jikalau masuk, karenanya tendangan dianggap sebagai gol yang resmi, sementara jikalau ditepis oleh koper, karenanya akan seketika mewujudkan tendangan sudut.

Dalam futsal juga ada istilah time out. Tiap-tiap regu memiliki alokasi time out sebanyak 1 kali per babak dengan waktu time out 1 menit. Jikalau regu tak minta time out di babak pertama, karenanya alokasi hal yang demikian tidak akan diakumulasi ke babak kedua.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline