Lihat ke Halaman Asli

Lina Marlina

Freelancer

Asyiknya Jelajah Kota Tangerang Naik Bus Jawara Gratis dan Menyenangkan

Diperbarui: 16 Agustus 2024   20:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bus Jawara dengan kawan Kotekasiana,Ketapel dan Vlomaya (Dokumentasi pribadi)

Sebagai orang yang senang dengan travelling sepertinya wajib banget kalau setiap weekend atau hari libur itu hunting destinasi entah itu sendiri maupun bareng kawan-kawan. Siapa bilang liburan itu harus mahal? 

Nah, untuk kali ini aku bersama beberapa kawan Kotekasiana, Ketapel dan Vlomaya pada hari Minggu pagi jam 09.00 tanggal 11 Agustus 2024 menjelajahi daerah kota Tangerang, ternyata di Kota Tangerang ini banyak sekali destinasi wisata yang edukatif, tematik dan seru serta menyenangkan yang dapat dinikmati dengan menggunakan bus Jawara yang unik dan aestetik. 

Apa sih Bus Jawara Itu?

Terus terang aku juga baru mengetahui bahwa kota Tangerang itu ada bus wisata yang dapat mengantar keliling kota Tangerang tanpa bayar alias gratis. Bus Jawara merupakan singkatan dari Bus "Jalan-jalan Wisata Rakyat Tangerang" , sesuai namanya bus ini memang diperuntukkan bagi masyarakat kota Tangerang yang ingin mengenal lebih dekat kotanya, di bawah naungan Dinas Perhubungan. 

Bus Jawara ini memiliki desain bus yang sangat unik dan sangat aestetik berwarna biru dengan jendela yang berteralis besi , tempat duduknya juga sebagian berteralis besi untuk area belakang yang terbuka tanpa kaca dan  di dalam bus diberi sekat antara tempat duduk area belakang dengan depan, karena area depan tertutup dan berfasilitas AC dengan jumlah kursi sebanyak 32, serta atasnya bus Jawara ini berlist warna keabu-abuan . 

Bus Jawara ini beroperasi setiap hari mulai dari pukul 15.30 - 18.00 yang tersedia di 4  lokasi pemberhentian yaitu Taman Elektrik depan Puspem kota Tangerang dekat masjid Al Ahzom, Taman Gajah, Taman Potret dan Jembatan kaca Cisadane. Bus Jawara ini telah ada sejak Agustus 2019 dan memiliki 6 unit bus Jawara.

Berdasarkan data dan minat bukan hanya masyarakat kota Tangerang saja yang antusias menggunakan bus Jawara ini sehingga terus meningkat berbagai masyarakat daerah lain yang ingin melakukan wisata keliling kota Tangerang menggunakan bus Jawara ini, sehingga harus melakukan pemesanan melalui aplikasi Abang Jawara yang terintegrasi dengan super Apps Tangerang ( aplikasi Tangerang live)  jika ingin keliling kota Tangerang menggunakan bus Jawara, sehingga dapat memudahkan masyarakat untuk booking bus Jawara kapanpun dan dimanapun berada.

Penampakan dalam Bus Jawara (dokumen pribadi)

Destinasi yang dikunjungi bersama bus Jawara

Bus Jawara ini akan membawa kami untuk mengunjungi beberapa taman, tempat kuliner dan kampung berwarna warni. Selama perjalanan pemandu wisata dari bus Jawara menjelaskan tentang sejarah dan budaya kota Tangerang . Berikut beberapa destinasi wisata yang dikunjungi yaitu :

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline