Perusahaan E-Commerce: Informa
Fokus Bisnis Perusahaan Informa
Perusahaan Informa memiliki fokus bisnis pada penyediaan furnitur dan gaya hidup terlengkap untuk kebutuhan hunian dan bisnis. Mereka menawarkan berbagai koleksi furnitur berkualitas untuk hunian, kantor, aksesoris, dan ruang komersial, dengan konsep "one stop shopping" dan desain inovatif serta tahan lama dengan harga terjangkau. Mereka juga menghadirkan solusi kebutuhan bisnis dan komersial, serta mengincar segmen residensial dan bisnis. Selain itu, perusahaan ini memfokuskan inovasi pada strategi pemasaran digital, pengalaman berbelanja di toko offline maupun online, serta pengembangan produk. Informa didirikan pada tahun 2004 dan saat ini memiliki lebih dari 100 toko yang tersebar di 48 kota, dengan toko terbesar berlokasi di Living World Alam Sutera, Tangerang
Sistem Operasi Perusahaan Informa
Informa dalam menjalankan aktivitasnya, ia menerapkan sistem informasi berbasis platform e-commerce, aplikasi seluler, manajemen hubungan pelanggan (CRM), manajemen rantai pasokan, keamanan sistem, dan analisis data besar. Hal ini dapat membantu skala operasi secara efisien dan efektif untuk menarik dan memenuhi pesanan pelanggan.
Biaya Pengembangan Perusahaan Informa
Perusahaan ini memfokuskan inovasi pada strategi pemasaran digital, pengalaman berbelanja di toko offline maupun online, serta pengembangan produk. Dapat diketahui bahwa perusahaan ini terbagi ke dalam lima divisi operasi: Informa Connect, Informa Markets, Informa Tech, dan Taylor & Francis. Divisi-divisi ini menawarkan berbagai layanan dan produk yang berbeda-beda. Selain itu, Informa juga menghadirkan konsep baru yang merupakan pengembangan produk furnitur untuk dapat memaksimalkan ruangan, dan dibuat khusus.
Implementasi REA Perusahaan Informa
Jika diimplementasikan model REA, yang berperan sebagai agent yang berperan sebagai (agents) dalam perusahaan ini adalah pelanggan, pegawai, e-commerce Informa dan juga kurir toko maupun kurir pihak ketiga seperti kurir dari berbagai jenis ekspedisi. Lalu untuk persediaan disini merupakan stok barang seperti sofa, meja makan, tempat tidur, dekorasi rumah maupun berbagai jenis furniture lainnya dan kas yang berperan sebagai (resources) karena memiliki nilai ekonomis bagi perusahaan. Kemudian untuk alur transaksinya (event) dimulai dari stok persediaan yang siap dipasarkan dan telah dijual secara online akan dikemas dengan rapi dan aman oleh pegawai dan akan dikirimkan secara online melalui kurir toko maupun kurir pihak ketiga dari sebuah ekspedisi. Setelah itu, penjualan yang telah dipasarkan oleh pegawai dan dibeli oleh pelanggan di e-commerce akan memperoleh kas melalui penerimaan pembayaran dan kas yang diterima itulah yang diakui sebagai pendapatan perusahaan furniture Informa.
Kelebihan dan Kekurangan dari Implementasi Sistem Pada Perusahaan Informa