Lihat ke Halaman Asli

Selamatkan Data Pribadi Kamu : Dari Ancaman Malware!

Diperbarui: 22 Oktober 2023   21:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Source: freepik.com

Apakah kamu tahu? Di era digital seperti saat ini, data selalu menjadi salah satu aset berharga yang harus kita lindungi. Sayangnya, data kita juga rentan terhadap serangan malware. Malicious Software atau yang lebih kita kenal Malware adalah Perangkat lunak yang dirancang untuk mengontrol perangkat  secara diam-diam, bisa juga mencuri data pribadi milik kita atau uang dari pemilik perangkat. Marilah kita lebih berhati-hati lagi dengan ancaman malware yang dapat mengancam data dan mengatasi nya dengan langkah - langkah yang akan saya bahas nanti.

Sebelum kita pergi ke langkah - langkahnya, kita harus terlebih dahulu mengetahui apa jenis-jenis malware!


Jenis-jenis Malware:
1. Virus
2. Worm
3. Trojan Horse
4. Ransomware
5. Spyware/Adware

Mari, Lakukan 5 Langkah Cara Mengatasi Malware:

1. Menggunakan Anti-virus atau Anti - malware : unduh (instal) dan perbarui perangkat lunak anti-virus atau anti-malware yang berkualitas dan cukup handal pada sistem kita.
2. Kita harus selalu perbarui sistem operasi, perangkat lunak, dan aplikasi kamu dengan versi yang sudah terbaru. Lalu, pembaruan ini seringkali terdapat perbaikan sistem keamanan dan tindakan untuk mencegah dari ancaman serangan malware yang dapat menghambat sistem operasional kita.
3. Gunakan firewall untuk melindungi jaringan kamu dari serangan - serangan virus yang sangat mengancam kita.
4. Berhati-hati saat kamu menggunakan Wi-Fi publik. 

5. Hindarilah saat membuka email atau tautan dari orang yang tidak kamu kenal, tindakan ini juga dapat membahayakan data kamu lho!

Ayo, Aktifkan Verifikasi 2 Langkah! :

1. Verifikasi 2 Langkah merupakan suatu fitur yang menawarkan keamanan tambahan dengan menggunakan proses verifikasi ganda untuk mengakses sebuah akun. Jadi akun kamu akan tetap aman dari para pencuri data yang ingin mengambil data kamu.
2. Selain memasukkan username (nama pengguna) dan password (kata sandi) untuk login, Kamu juga akan diminta verifikasi yang dilakukan secara spesifik sesuai pengaturan yang telah kamu pilih sebelumnya.
3. Wajib diaktifkan di aplikasi - aplikasi yang penting untuk kamu (seperti email, media sosial) yang kita miliki seperti WhatsApp, Instagram, Tiktok, Facebook, Twitter, Threads, dll.
4. Untuk langkah - langkah aktivasi Verifikasi 2 Langkah atau 2FA di media sosial bisa melalui youtube atau buka  http://ictwatch.id/2fa

Ayo, Recover Kembali!

Persiapan - persiapan yang dapat kita lakukan untuk melakukan Factory reset atau (setelan pabrik) :

1. Wajib tahu akun Google dan akun lainnya di ponsel kita, termasuk password (kata sandi) nya.
2. Setting kunci layar yang diketahui oleh kita (disarankan yang mudah diingat).
3. Backup data dari ponsel kita.
4. Pastikan baterai ponsel minimal 70 %.
5. Pastikan ponsel kamu terkoneksi dengan internet.

“Dengan mengikuti tips-tips yang sudah saya bahas di atas, Semoga dapat membantu melindungi data kamu dari malware dan ancaman keamanan lainnya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu kamu untuk mengatasi malware yang mengancam data.” Terimakasih!

©SMPN 7 DEPOK




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline