Lihat ke Halaman Asli

Agung Soni

TERVERIFIKASI

Karena Enak, Sambal Pecel Buatan Bu Dwi Mimi Terbang ke Hongkong

Diperbarui: 12 Juli 2015   01:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sebagai penggemar berat sambal pecel, saya menyukai sambal pecel yang alami, artinya buatan langsung tangan manusia. Lebih sehat, tidak menggunakan pengawet, MSG dan zat kimia lainnya yang berbahaya. Setidaknya inilah yang saya dapat dari produk sambal pecel buatan Bu Dwi Mimi. Beliau adalah saudara istri saya yang tinggal di Desa Pule, Kecamatan Jatisrono Wonogiri Solo.

Produk buatan tangan atau hasil industri rumah tangga sendiri milik Bu Dwi Mimi yang bernama asli Dwi Mulatmi ini saking enaknya sudah sampai terbang ke Hongkong. Tak dipungkiri penggemar lokalnya juga sudah banyak. Ada dari Jakarta, Bogor, Semarang, Boyolali, hingga Balikpapan sudah mengenal baik sambel pecel khas buatan tangan Bu Dwi Mimi.

Kisah perjalanan unik usaha Bu Dwi Mimi ini sangat menarik.

Bagaimana awalnya Bu Dwi Mimi memulai usaha ini ?

Suatu saat saya membeli sambel pecel di tukang sayur. Rasanya aneh dan sama sekali tidak enak. Tiba-tiba terlintas pikiran, mengapa saya tidak mencoba buat sambel pecel sendiri? Saya mulai mengumpulkan bahan sambel. Agak repot karena saya harus membeli bahan sambel per satuan masing-masing bahan. Tidak ada yang jual sekali jadi. Tinggal uleg.

Beberapa bulan kemudian datang adik saya dari Jakarta membawa plastik kemasan juga gilingan kacang. Dia menodong agar saya mau membuatkannya sambal pecel. Kata adik saya, enak. Kenapa tidak coba dijual saja ke warung? Saya pun mulai mencoba menjualnya ke warung.

Pasti biasanya pengalaman pertama mengecewakan, lantas ?

Sedih. Setelah saya buat dan saya edarkan di warung-warung ternyata sepi peminat karena harga jual dari saya dirasa agak mahal ( di pasar, 2 ribu dapat 1 ons lebih ) sementara saya 70 gram harga 3 ribu ( # disitu sy merasa sedih hehe...). Karena kecewa, saya tarik semua sambal pecel itu. Dan saya mulai pasang iklan di fb, bbm, juga google+. Responnya positif. Order dari kawan-kawan mulai berdatangan. Dari Jakarta dan beberapa.kota sampai akhirnya BMI di Hongkong ada yang meminta sambal pecel saya.

Berapa Modal Awal Bu Dwi Mimi ?

Uang Rp.40.000,- untuk beli bahan sambal pertama kali, seperti cabai, kacang, dan lainnya. Peralatan pengolahan sambal Rp.500.000,- seperti penggilingan, dan lainnya. Benar-benar sangat kecil. Semua serba nekat awalnya. Kalau ada yang pesan dan bayar baru saya buatkan dan segera saya kirimkan. Niat saya, selain ingin membantu ibu-ibu rumah tangga juga asistennya rumah tangga bisa mendapatkan sambal pecel higienis, murah dan sehat, dengan mudah juga saya ingin meningkatkan ekonomi keluarga, Pak. Cita-cita kalau dikabulkan, ingin umroh bersama suami.

Bagaimana Produksi Sambal Kacang dilakukan?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline