Lihat ke Halaman Asli

Agung Soni

TERVERIFIKASI

3 Keteladanan Usaha TMMIN yang Hantarkan Produk Toyota Indonesia Ke Kancah Dunia Menjadi Nomor Satu

Diperbarui: 23 Juni 2015   21:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Adalah sebuah kebanggaan buat saya pribadi bersama 20 Kompasianer lainnya bisa memenuhi undangan berkunjung ke dalam pabrik Toyota Motor terbesar di Indonesia ini. Betapa tidak, karena dunia otomotif sudah menjadi darah daging saya selama puluhan tahun. Setiap melihat 1 unit mobil Toyota terkadang benak saya berpikir, kapankah saya bisa sesekali melihat perakitan komponen mesin mobil Toyota dan bagaimana Toyota Indonesia bisa menjadi andalan pabrikan Toyota lainnya di dunia. Inilah pemikiran batin yang terus mendorong saya agar bersemangat bisa hadir ke acara "Visit Kompasiana to TMMIN Sunter 1 Plant" walaupun harus terbang beratus-ratus kilometer dari Bali menuju Jakarta, hingga malam sekembalinya dengan badan lelah namun hati senang. :)

Toyota Indonesia terus melangkah mewujudkan komitmennya untuk berkontribusi memperkuat industri otomotif nasional. Tidak hanya menargetkan sebagai market leader di pasar dalam negeri, Toyota Indonesia juga bertekad membawa produk otomotif Indonesia ke kancah dalam pertarungan pasar global.

Tidak hanya dikenal sebagai market leader di pasar dalam negeri, Indonesia juga telah menjadi basis ekspor mobil Toyota ke manca negara. Mobil yang diproduksi melalui oleh pabrik TMMIN di Karawang dan Sunter, kini semakin diminati konsumen manca negara seperti terlihat pada peningkatan ekspor yang siginifikan dari tahun ke tahun.

Bermula sebagai pabrik perakitan mobil pada 1973, kegiatan industri Toyota di Indonesia terus berkembang. Melalui TMMIN, Toyota Indonesia tidak hanya memproduksi mobil dalam bentuk CBU, CKD, tapi juga memproduksi berbagai komponen, termasuk mesin.

Secara keseluruhan, Toyota Indonesia mengoperasikan empat pabriknya di Indonesia dan dikelola langsung oleh TMMIN. Dari empat pabrik yang dikelola TMMIN itu, dua diantara berlokasi di Jakarta Utara atau Plant 1 Sunter dan Plant 2 Sunter, dua lainnya berlokasi di Jawa Barat yaitu Plant 1 Karawang dan Plant 2 Karawang. Pabrik pertama yang dibangun adalah Plant 1 Sunter yang sudah beroperasi sejak 1973. Kemudian pada 1977, Toyota mulai mengoperasikan Plant 2 Sunter. Keduanya kini difungsikan untuk memproduksi mesin dan komponen dengan kapasitas produksi 195.000 unit mesin TR dan iron casting sebesar 12.000 ton. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, mesin dan komponen yang diproduksi kedua pabrik ini juga telah diekspor.

Toyota Indonesia sudah melakukan ekspor sejak 1987 dengan ekspor perdana Toyota Kijang. Masih dalam jumlah yang sangat terbatas, sekitar 50 unit per bulan. Seiring dengan perkembangan kemampuan Toyota Indonesia, negara tujuan ekspor terus meluas dan kini tidak kurang dari 70 negara telah menerima berbagai produk yang diproduksi TMMIN melalui ekspor kendaraan utuh (CBU), kendaraan terurai/Complete Knock Down (CKD), komponen kendaraan, mesin TR serta alat bantu produksi berupa die dan jig.

Jadi kira-kira, apa ya yang membuat TMMIN bisa menghantarkan Produk Toyota Indonesia menjadi Andalan di Kancah Dunia Otomotif Dunia ? Mari kita simak bersama pemaparan saya ini yang semoga bermanfaat membuka wawasan kita sebagai penggerak usaha.

1. Komitmen TMMIN agar tetap memakai komponen lokal asli Indonesia

Secara kumulatif Toyota Indonesia telah mengekspor kendaraan utuh sebanyak lebih dari 620 ribu unit sejak tahun 1987 hingga Agustus 2014 dengan total nilai sebesar lebih dari USD 12 milyar.

Toyota Indonesia akan terus meningkatan komitmennya memberikan pilihan yang terbaik bagi konsumen baik di pasar dalam negeri maupun pasar ekspor. Di pasar dalam negeri, kontribusi Toyota Indonesia tidak bisa hanya dilihat dari posisinya sebagai market leader, tapi juga dari peningkatan kualitas produk serta layanan terhadap konsumen yang terus ditingkatkan.

“Sebagai market leader, perlu dicatat bahwa lebih dari 90% mobil Toyota yang dijual di pasar dalam negeri adalah di pabrik dalam negeri dengan komponen lokal antara 60%-90%. Melalui PT Toyota Astra Motor, Toyota Indonesia berkomitmen memberikan produk dan kualitas layanan terbaik kepada konsumen," jelas Turmudi Sujiargiono, Executive General Manager Sunter I Plant TMMIN saat memberi penjelasan kepada kompasianer.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline