Lihat ke Halaman Asli

Mustakim

Mahasiswa

"Gerakan Biopori untuk Lingkungan: Aksi Nyata Mahasiswa KKN"

Diperbarui: 10 Agustus 2024   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar: Penyerahan bibit

Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sejumlah daerah di Indonesia , salah satunya di Desa Bringin Kencana, Kec. Candipuro, Lampung Selatan. Khusus di Bringin Kencana, program pengabdian yang mereka lakukan antara lain adalah pembuatan resapan air dengan cara pembuatan Biopori .(Jum'at,9 Agustus 2024).

Pelaksanaan biopori, di laksanakan oleh mahasiswa dan ibu-ibu PKK. Kami berkomunikasi dengan ibu-ibu PKK untuk bertujuan setelah kami pergi ibu-ibu PKK lah yang akan melanjutkan edukasi kepada masyarakat bringin kencana.

Pada pelaksanaan pembuatan biopori kepala desa ikut menghadiri pembuatan lubang,penanaman bibit hingga selsai. Beliau memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKN UIN RIL.

gambar: pembuatan lubang sekaligus penanaman bibit 

"Kami mahasiswa KKN UIN RIL melakukan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan SDM masyarakat desa beringin kencana untuk menjadi masyarakat yang kreatif dan inovatif".

Biopori merupakan teknologi pengelolaan air sederhana yang bertujuan untuk meningkatkan daya serap tanah terhadap air melalui pembuatan lubang resapan. Teknologi ini dirancang untuk mengatasi masalah genangan air, mengurangi risiko banjir, dan memperbaiki kualitas air tanah. Lubang biopori dibuat dengan mengebor tanah secara vertikal dan mengisi lubang tersebut dengan bahan organik seperti daun kering atau kompos. Proses ini mendorong pembentukan rongga-rongga kecil dalam tanah akibat aktivitas organisme tanah yang memakan bahan organik tersebut, sehingga air lebih mudah meresap ke dalam tanah.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline