Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN Undip Gencarkan Sosialisasi Pentingnya Vaksinasi

Diperbarui: 12 Agustus 2021   00:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Booklet edukasi pentingnya vaksinasi COVID-19/dokpri

Kramas (11/08/2021) -- Kasus covid-19 saat ini masih menghantui indonesia, hal ini membuat pergerakan aktifitas masyarakat sangat terbatas. Persebaran virus yang sangat cepat dan masih banyak masyarakat yang kurang patuh terhadap protokol kesehatan membuat kasus COVID-19 in sulit untuk dikendalikan. Pemerintah telah berupaya untuk menangani kasus COVID-19 ini dengan berbagai kebijakan yang telah dibuat, salah satu kebijakan yang paling disoroti saat ini adalah terkait pemberian vaksin COVID-19. 

Tujuan dan manfaat dari kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yaitu untuk mencegah penularan virus COVID-19 ataupun mencegah seseorang yang sudah tertular agar tidak mengalami gejala yang lebih buruk akibat terinveksi virus COVID-19, sehingga masyaraat dapat menjalankan aktifitas seperti biasanya dan masa pandemi ini dapat diselesaikan. 

Namun, masih banyak masyarakat yang masih takut ikut vaksinasi  karena mereka menganggap vaksin dapat menyebabkan efek samping yang buruk. Selain itu, masih banyak juga masyarakat yang belom memahami pentingnya vaksinasi COVID-19.

Takdir Mustakim, mahasiswa dari Program Studi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Undip yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RT04/RW03 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang menemukan informasi terkait masih banyak masyarakat yang tidak mau ikut vaksinasi dari wilayah tersebut. Kondisi ini yang mendorong Takdir untuk melakukan kegiatan terkait dengan pentingnya vaksinasi COVID-19.

Pelaksanaan sosialisasi yang diberikan bertepatan dengan adanya kebijakan PPKM yang dibuat oleh pemerintah, sehingga sosialisasi dilakukan secara online melalui whatsapp group dalam bentuk booklet sehingga menarik bagi pembacanya. Dalam proses sosialisasi yang telah dilaksanakan pada hari kamis, 5 Agustus 2021 ini, dibarengi juga dengan pemasangan spanduk di tempat yang strategis dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Gambar 2. Pemasangan spanduk/dokpri

Dengan adanya edukasi ini, diharapkan masyarakat dapat memahami pentingnya vaksinasi dan turut ikut berpartisipasi dalam program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah.

TUNGGU APA LAGI, VAKSINASI DIRIMU SEKARANG!!!!

Penulis : Takdir Mustakim

Dosen Pebimbing : Mas Ut, S.Ag., M,Ag., MH




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline