Lihat ke Halaman Asli

Tanda-tanda Kamu Kurang Protein Nomor 5 Mimpi Buruk untuk Cewek!

Diperbarui: 7 Juni 2017   21:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Jika kamu adalah orang yang sering melakukan diet, mungkin kamu pernah mendengar istilah "lemak itu buruk untuk tubuh". Tapi tunggu, sebenarnya gula juga bisa membuatmu gemuk. Sementara protein yang hadir di makanan berlemak ada baiknya untuk tubuh.

Tahukah kamu bahwa protein juga bisa membuatmu tidak lapar? Ya, dilansir dari The List, tubuh dengan jumlah protein yang cukup membuat tubuhmu kenyang lebih lama. Jadi, nggak ada kata lapar tengah malam lagi, girls! Lalu, apa ya yang akan terjadi jika tubuh kekurangan protein? Ini dia!

Mudah sakit. Jika kamu gampang sakit atau mudah terkena flu, mungkin saja tubuh sedang kekurangan protein. Sel imun dalam tubuh membutuhkan protein yang cukup untuk memperbaiki diri dan berkembang. Tanpa protein yang cukup, kamu bisa menjadi lemah dan cepat sakit. Hati-hati, ya!

Luka yang sulit sembuh. Sekali lagi, tubuh butuh protein untuk menyembuhkan diri. Itulah yang menjadi alasan para atlet mengonsumsi protein usai olahraga yang intens. Tubuh sangat membutuhkan protein untuk memperbaharui sel dan pembentukan otot. Jadi, jika kamu mendapatkan luka iris di tangan minggu lalu dan belum juga pulih, mungkin kurang mengonsumsi protein bisa menjadi penyebabnya.

Sulit berkonsentrasi. Pernahkah mengalami kesulitan berkonsentrasi, lemah, lesu dan cranky karena lupa atau sengaja meninggalkan waktu sarapan karena terburu-buru? Tingkat gula darah bisa memengaruhi bagaimana perasaan, mood, serta kinerja otak. Jadi, sangat penting untuk membuatnya stabil. Protein sendiri bertugas untuk menyeimbangkan efek gula darah.

Pergelangan kaki yang bengkak. Protein adalah kunci untuk menarik kembali cairan pada pembuluh darah. Bila cairan tersebut keluar dari pembuluh dara dan berada di jaringan lain, hal tersebut bisa membuat pembengkakan. Jadi jika kamu merasa sepatumu sedikit sempit usai terbang dalam waktu lama, kamu mungkin juga kekurangan protein.

Rambut yang rontok. Nah, ini adalah hal yang paling ditakutkan oleh para cewek. Banyak cewek yang berfokus hanya pada bagian luar saja seperti menemukan sampo atau conditioner yang cocok. Namun rambut yang indah itu hasil perawatan luar dan dalam.

Ketika tubuh kekurangan protein dan kamu tak kunjung mengonsumsinya, maka tubuh akan mengimbangi dengan menarik protein keluar dari bagian tubuh yang tidak penting, seperti rambut. Jadi, jangan sampai kekurangan protein ya, girls!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline