Lihat ke Halaman Asli

david

Kesederhanaan

Kebersamaan dalam Kesendirian

Diperbarui: 13 Desember 2019   04:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Perjalanan hidup tidak dapat dipastikan arahnya. Semua akhirnya kembali kepada Tuhan, sang pemilik kehidupan. Hal mendasar yang menjadi pertanyaan untuk apa hidup itu? Ini menyentuh pada hakikat kehidupan itu.

Bila menyoroti dari sisi lahir kemudian mati, dan ditengah- tengah itu diisi oleh suatu kehidupan, akan menjadi pertanyaan juga, diisi dengan kegiatan apa. Banyak sekali pilihan yang bila harus memilih. Kembali pada pilihan itu, hal apa yang menjadi dasar untuk memilih sehingga langkah atas pilihan tersebut dapat berjalan terus.

Pemahaman dasar akan  pilihan hidup itu menjadi suatu keyakinan yang tak akaan goyah. Tetapi sepanjang perjalan hidup akan terjadi pengujian akan hal yang dipilih itu yaitu keyakinan tersebut. Bila hal tersebut tahan uji maka keyakinan akan bertambah yaitu keteguhan.

Hingga disini, keteguhan menjadikan hidup terasa bermakna bahwa hidup merupakan perjuangan. Apa yang diperjuangkan?, yaitu keteguhan akan pilihan yang berdasar nilai- nilai keyakinan yang diyakini. 

Bila disimpulkan pilihan akan suatu keyakinan dan telah teruji dalam kehidupan maka kebenaran akan terjadi. Dan setelah itu, pandangan akan hidup itu sendiri terasa indah dan menghargai akan kehidupan itu. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline