Lihat ke Halaman Asli

Surya Syurgana Akmal

Menghabiskan sisa usia di ujung selatan Riau

Menunggu dan Ponsel Pintar

Diperbarui: 29 Juni 2020   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Suatu sore dalam penantian

Menunggu kadang tak bisa dihindari. Manajemen waktu sebaik apapun kadang harus menabrak ketidakteraturan juga. Semua teknik dan tata cara kerja dioptimalkan untuk meminimalkan waktu menunggu. Dalam proses produksi menunggu merupakan hal yang harus diminimalkan. Dalam istilah manajemen produksi kita mengenal istilah "idle time". Semakin efisien suatu proses maka "idle time" semakin diminimalisir.

Bentuk menunggu yang lazim kita lakukan adalah mengantri. Terlebih di sudut-sudut negeri ini yang belum bisa maksimal menikmati fasilitas-fasilitas teknologi termutakhir seperti e-payment, e-banking dan sebagainya. Selain mengantri untuk hal-hal pelayanan publik, mengantri pun lazim terjadi ketika ingin menemui seorang pejabat publik. Bahkan ketika kita ingin membeli makanan favorit pada jam-jam sibuk, maka mengantri menjadi hal yang agak sulit kita hindari. Bentuk menunggu yang lain adalah perjalanan, apalagi kalau perjalanan kita menggunakan transportasi umum. Belum lagi kalau kita harus berinteraksi dengan kemacetan. Kalau diakumulasikan bentuk-bentuk menunggu yang kita lalui sehari-hari maka akan ada banyak waktu-waktu "luang" yang bisa dimanfaatkan untuk hal-hal bermanfaat.

Salah satu fenomena teknologi 10 tahun terakhir adalah ponsel pintar. Awalnya dikenal dengan istilah ponsel atau telepon genggam yang mengalami perkembangan sehingga fungsinya menjadi sangat banyak mulai browsing, media sosial serta mengakses file-file digital seperti e-book, film, lagu dan konten lainnya yang bisa diakses secara offline maupun online. Sebagian fungsi komputer pun diadopsi untuk menarik minat konsumen. Orang sudah bisa mengedit dokumen word atau spreadsheet dimanapun dia berada. Ditambah lagi dukungan aplikasi cloud storage yang membuat orang bisa mengakses dari mana saja dan kapan saja file yang dibutuhkannya.

Bagi sebagian orang, kehadiran ponsel pintar memiliki arti penting tidak hanya sekedar sebagai alat komunikasi telpon dan pesan singkat. Ponsel pintar berevolusi dari sekedar perangkat komunikasi sederhana menjadi "teman menunggu" yang baik. Dengan ponsel pintar orang bisa menghilangkan kejenuhan pada saat-saat menunggu. Membaca file-file digital, browsing, dan mengakses media sosial bisa dilakukan dengan ponsel pintar. Bahkan mengedit beberapa kerjaan kantor sekarang juga bisa dilakukan dengan mudah pada ponsel pintar. Apalagi bagi para pebisnis yang sangat memanfaatkan internet terutama media sosial sebagai media untuk berbisnis. Waktu menunggu yang dulunya terasa lama menjadi suatu peluang untuk berbuat hal-hal baru dan inovatif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline