Lihat ke Halaman Asli

Rahul

MAHASISWA

Pssi Ungkap Perkembangan Terbaru Marten Paes, Suporter Timnas Indonesia Bisa Tenang

Diperbarui: 27 Mei 2024   00:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pemain potensial Timnas Indonesia, Maarten Paes (Jawa Pos)

PSSI memberikan informasi terbaru mengenai proses perpindahan federasi calon pemain Timnas Indonesia, Maarten Paes yang hingga kini belum selesai. Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga menyatakan bahwa alasan Maarten Paes belum dapat memperkuat Timnas Indonesia adalah karena terkendala regulasi FIFA. Arya Sinulingga menjelaskan bahwa penyebab Maarten Paes tidak bisa memperkuat Timnas Indonesia adalah karena ia pernah bermain untuk Timnas Belanda U-21 ketika usianya sudah 22 tahun. "Jadi begini, Maarten Paes ini kemarin bermain ketika sudah berusia 22 tahun, dan menurut regulasi FIFA itu tidak diperbolehkan lagi pindah negara," ujar Arya dalam akun Instagram pribadinya, Sabtu (25/6/2024).

Namun, Arya Sinulingga menjelaskan ada peluang yang bisa dimanfaatkan PSSI agar penjaga gawang FC Dallas tersebut bisa berpindah federasi dari KNVB (Belanda).

 "Masih ada peluang, mengapa dia bermain di usia 22 tahun untuk Belanda dan ini sudah dikonfirmasi dengan KNVB Belanda, jadi ada syaratnya,"  tambahnya.

Dia menjelaskan, syarat yang harus dipenuhi agar Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) dapat mewujudkan keinginan Maarten Paes adalah dengan menjadikannya Warga Negara Indonesia (WNI). Syarat tersebut sudah dipenuhi oleh kiper berusia 26 tahun saat resmi mengambil sumpah sebagai WNI di Kanwil Kemenkumham, Jakarta, pada Selasa (30/4/2024).

"Maarten Paes harus menjadi warga negara Indonesia, makanya kemarin kami memasukkan Maarten Paes dan menjadikannya warga negara Indonesia. Apalagi Maarten Paes ingin menjadi warga negara Indonesia dan membela timnas kita,"  ujarnya.

Dengan demikian, penjaga gawang kelahiran Nijmegen, Belanda, pada 14 Mei 1998 ini bisa mengajukan permasalahan ini ke CAS. "Jadi setelah kami jadikan dia warga negara Indonesia, kami memiliki hak sebagai negara untuk mengajukan ke CAS. Kalau dia bukan WNI, kita tidak punya hak, makanya di-WNI-kan dulu Paes ini," jelasnya.

"Setelah itu baru kami ajukan ke CAS, semoga nanti ada celah mengapa dia pada usia 22 tahun masih bermain di Belanda yang akan kita bawa nanti ke CAS," tambahnya.

Dia juga meminta doa agar proses CAS bisa berjalan dengan lancar dan Maarten Paes segera memperkuat Timnas Indonesia. "Doakan agar semuanya berjalan lancar. Ada proses yang baik sehingga Maarten bisa menjadi pemain timnas kita," katanya.

Timnas Indonesia akan bermain di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia menghadapi Irak (6/6) dan Filipina (11/6) di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline