Lihat ke Halaman Asli

muhammad syuhada

English & Arabic Teacher

Language Is Our Crown

Diperbarui: 23 Februari 2020   00:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcstudio

Bahasa asing terus berkembang seiring dengan perkembangan ilmu, budaya, dan teknologi. Sebagai manusia sosial, harus mengikuti perkembangan tersebut. 

Dalam dunia kerja, bahasa asing sangat dibutuhkan terutama menyambut MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN). Paling tidak bahasa asing yang diperlukan adalah bahasa Inggris yang rata-rata digunakan oleh beberapa negara. 

Seseorang dalam persaingan dunia kerja yang ketat ini, akan mempunyai nilai plus jika seorang sekretaris menguasai salah satu bahasa asing. Namun, saat ini masih sangat kurang kesadaran akan pentingnya mempelajari bahasa asing.

Banyak dari Anda yang mungkin berpikir bahwa penguasaan skill yang terkait dengan bidang kerja sudah mencukupi untuk mengantar Anda meraih kesuksesan karier. Sesungguhnya banyak ketrampilan lain yang meski tidak secara langsung berkaitan dengan keahlian Anda, namun sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah penguasaan bahasa asing.

Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting yang dimiliki manusia, karena merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, juga perasaan. 

Karenanya, selain penguasaan bahasa ibu, kemampuan berbahasa asing membawa banyak keuntungan dalam karier. Beberapa keuntungan berikut bisa Anda peroleh bila menguasai bahasa asing dengan baik.

1. Meningkatkan Kemampuan kognitif

Secara personal, mempelajari bahasa asing akan mengasah pemikiran Anda, karena dalam prosesnya memanfaatkan beberapa kemampuan seperti mengingat, mengenali berbagai jenis kalimat, juga menguasai pengucapan. Mengasah kemampuan ini akan meningkatkan kemampuan kognitif yang berkaitan dengan matematika, sastra dan seni. Tentu saja kemampuan-kemampuan ini menjadi nilai lebih di dalam dunia kerja.

2. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Memiliki kemampuan yang tidak dimiliki orang lain dapat menjadi pendorong naiknya rasa percaya diri, yang pada akhirnya menimbulkan sikap positif dalam menyelesaikan tugas dan menghadapi tantangan kerja.

3. Meningkatkan Peluang Mendapatkan pekerjaan

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline