Lihat ke Halaman Asli

Mengenal Watak Seorang Teman

Diperbarui: 16 Oktober 2015   10:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Punya banyak teman ?? seberapa banyak teman yang anda miliki ? bagaimana sifat-sifat dari masing-masing kawan atau teman anda tersebut ? sudah pasti beragam dan bervariasi kan ? pernahkah anda membedakan sifat atau sikap dari masing-masing teman anda ? Yaa tentu saja tanpa dibedakanpun anda akan merasakan hal yang sangat kontras dari sikap atau kebiasaan yang mereka tunjukan, sehari-hari bersama, dan menghabiskan waktu bersama dalam jangka waktu yang panjang sudah cukup untuk memberikan penilaian pada sikap dan sifat dari masing-masing teman dan sudah cukup untuk kita mengerti dan memahami sifat dan sikap teman kita tersebut.

Berbagai sifat manusia memang berbeda satu sama lain, mereka punya ciri khas sendiri-sendiri dan tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, ingat manusia bila dibandingkan dengan manusia lain tak akan bisa ditemukan yang namanya manusia sempurna, kecuali bila dibandingkan dengan makhluk bumi yang lain tentu kita adalah makhluk yang sempurna yang mempunyai sifat, sikap, perasaan, akal pikiran, hati nurani dan keyakinan. Naahhh,,,, kalo begitu apa sajakah sifat-sifat atau watak dari teman-teman anda ? adakah sifat yang tidak kalian sukai atau disukai ?

Berikut adalah sebagian dari watak seseorang yang mungkin ada pada teman anda atau orang-orang di sekitar anda.

1. Supel atau mudah bergaul, orang yang mempunyai watak ini biasanya punya banyak relasi atau punya teman dalam jumlah banyak, karena menurut pengamatan saya watak seperti biasanya punya semangat yang tinggi, suka teriak-teriak, orangnya kocak, tidak mudah tersinggung, mudah menerima orang asing, pendiriannya tidak tetap suka labil, dikelilingi banyak orang karena dia suka bercanda, cerewet , bisa diajak ngobrol, selalu ingin tahu segala hal, kreatif, selalu ceria, tapi cepat bosan, mungkin saat anda bersama teman yang punya sifat ini akan capek kalau harus nuruti apa maunya, karena dia tidak bisa berdiam diri terlalu lama disatu tempat,atau di suatu kegiatan, ia pasti akan pergi dan mencari kesibukan atau hal baru lain yang menarik baginya.

2. Melankolis seseorang yang punya sifat ini pasti , menunjukkan sikap yang cenderung pendiam, tapi bisa jadi dia adalah orang yang cerdas, lebih senang sendiri daripada berkumpul jadi anda yang punya teman seperti ini jangan sering-sering ngajak dia main atau nongkrong mungkin saja dia akan selalu menolak ajakan tersebut, sensitif sekali misal ia di beri kritik atau pendapat yang menurutnya menjatuhkan ia akan cepat tersinggung, tertib dan disiplin tinggi, jalan hidupnya terencana, ruangan selalu rapi jadi kalau mau maen ke kamarnya jangan diberantakin yaa nanti dia bisa marah atau ngambek, meskipun ia selalu terlihat tenang dan serius,biasanya ia juga suka musikal,dan puitis, suka berkorban, tapi sering curiga, suka nyanyi-nyanyi lagu melow kalau lagi sendirian,selera humornya rendah.

3. Koleris atau Kuat seseorang dengan watak ini biasanya punya langkah yang cepat, nampaknya buru-buru, tidak suka dibantah nah jika anda punya teman yang seperti ini lebih baik nasehati atau berbicara dengan halus padanya, karena jika anda membantah dia akan lebih sewot dan membuat kita tambah sebel dan tidak suka pada dia, menghadapi kekerasan dengan kekerasan wah bahaya banget kan pasti jarang-jarang yang mau punya teman seperti ini, sulit meminta maaf, tidak suka basa-basi, bebas dan mandiri, tidak terlalu butuh teman, egois, cepat marah dan ambisius, tapi jangan salah watak ini juga ada kelebihannya kok biasanya dia pantang menyerah, aktif, unggul dalam keadaan darurat, membuat keputusan sulit dengan cepat.

4. Phlegmatis, tidak banyak hal yang menonjol yang dimiliki watak ini tapi karena disinilah sisi baik mereka. Biasanya ia menunjukkan sikap yang setia, damai, malas, lebih senang mendengarkan daripada berbicara, banyak teman, mudah beradaptasi, patuh, berusaha menyenangkan hati orang, motivasi kurang, rendah hati, emosi stabil, bijaksana, menghindari konflik, menemui cara yang mudah dalam melakukan sesuatu, sangat lamban dalam memilih tindakan, punya selera humor, dan anti bosan.

Naah itulah beberapa sifat dasar seseorang, jika di teliti teman-teman anda lebih banyak mempunyai sifat atau watak yang mana ? atau anda termasuk di dalamnya ? semua manusia pasti punya kurang dan lebih jadi jangan ragu untuk berteman dengan siapapun karena merekalah kita juga dapat belajar berbagai pahit manis kehidupan dan hitam putih menanggapi pendapat dan perilaku orang lain. Jika kita bisa menerima dan mengerti ribuan teman dengan berbagai watak itu akan nyaman berada didekat kita dan begitu sebaliknya kita akan merasa nyaman berada didekat mereka.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline