Lihat ke Halaman Asli

SYOFYAN HADI

SDN 021 KUALA SEBATU

Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik untuk Membuang Sampah pada Tempatnya

Diperbarui: 5 Maret 2024   22:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kesadaran membuang sampah tidak  pada tempatnya sering terjadi  disekolah, terutama pada peserta didik yang kurang kesadaran tentang pentingnya kebersihan. Kebersihan sekolah akan mempengaruhi kenyamanan warga sekolah. Kebersihan harus tumbuh dari hati peserta didik itu sendiri. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik untuk membuang sampah pada tempatnya yaitu:

Berikan contoh yang baik.

Memberi contoh yang nyata adalah cara terbaik yang dapat dilakukan oleh seorang guru untuk menunjukkan sikap cinta kebersihan. Buanglah sampah yang kita temukan ketempat sampah. Jadilah guru yang menjadi panutan peserta didik, sehingga peserta didik merasa membuang sampah ketempatnya adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan.

Sediakan tempat sampah

Untuk membuat peserta didik lebih disiplin membuang sampah pada tempatnya, maka setiap sekolah harus menyediakan tempat-tempat sampah, sehingga peserta didik merasa malu kalau membuang sampah tidak pada tempatnya.

Berikan sanksi yang mendidik

Jika ada peserta didik yang masih melakukan pelanggaran membuang sampah tidak pada tempatnya berilah sanksi yang mendidik, misalnya jika peserta didik membuang satu sampah maka suruh peserta didik tersebut memungut lebih banyak sampah untuk membuang pada tempatnya. Dengan sanksi tersebut diharapkan dapat memberi efek jera dan menimbulkan kesadaran tentang pentingnya kebersihan. 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline