Lihat ke Halaman Asli

Syntia Ainun Nisa

Mahasiswa Jurusan Manajemen Komunikasi di Institut STIAMI

Cara Menjaga Kesehatan dalam Menghadapi Polusi Udara di Jakarta

Diperbarui: 1 November 2023   10:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

cnnindonesia.com

STIAMI Update, Jakarta - Saat ini polusi udara masih menjadi masalah yang harus dihadapi oleh kita semua. Penyebab polusi udara ini yaitu dikarenakan kemarau panjang yang saat ini sedang dialami sebagian besar di wilayah Indonesia. 

Berdasarkan Indeks Kualitas Udara (AQI), kualitas udara di Jakarta per 24 oktober 2023 berada di angka 170 dengan konsentrasi PM 2.5 adalah 91.5 g/m. Angka tersebut menunjukan bahwa kualitas udara Jakarta saat ini sangat tidak sehat. Polusi udara ini juga memberikan dampak yang sangat serius untuk kesehatan, yaitu gangguan pernapasan.

Menurut riset yang dilakukan mahasiswa Institut STIAMI bersama dengan Dr. Geofakta Rizali, M. I.Kom., selaku dosen mata kuliah Penulisan Berita. Melalui aplikasi nafas dinyatakan bahwa dari tanggal 12 oktober sampai 30 oktober 2023, kualitas udara di Jakarta termasuk dalam kategori tidak sehat bagi kelompok sensitif, yaitu balita, ibu hamil dan lansia. 

Hal tersebut juga menjadi alasan peningkatannya masalah pernapasan yang terjadi saat ini. Meskipun peningkatan masalah pernapasan ini lebih beresiko dialami oleh kelompok sensitif, sebaiknya kelompok usia produktif dan semua kalangan masyarakat juga turut serta dalam menjaga kesehatan diri.

Banyak sekali dampak berbahaya lainnya yang disebabkan oleh polusi udara selain masalah pernapasan, yaitu gangguan sistem kekebalan tubuh, penyakit jantung, gangguan mata, penyakit kardiovaskular, kanker kulit serta dapat menyebabkan kelahiran prematur. 

Maka dari itu, penting bagi semua masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dari masalah polusi udara yang sedang dialami saat ini. Berikut cara menjaga kesehatan diri dalam menghadapi polusi udara di Jakarta :

1. Menggunakan masker saat berada diluar rumah
Menggunakan masker saat berada diluar rumah ini sangat penting untuk melindungi diri dari partikel berbahaya yang terkandung dalam udara yang tidak sehat. Direkomendasikan untuk menggunakan masker 3 lapis atau masker KN95.

2. Membersihkan diri setelah bepergian
Setelah melakukan aktivitas dari luar rumah, lebih baik untuk membersihkan diri seperti mandi untuk membantu menghilangkan kotoran atau polusi udara yang menempel pada pakaian, kulit ataupun rambut.

3. Menggunakan penyaring udara (air purifier)
Walaupun penyaring udara belum dapat menghilangkan semua polutan dalam ruangan, tetapi dapat membantu meningatkan kualitas udara dalam ruangan.

4. Mengkonsumsi air mineral dan makan bergizi seimbang
Air mineral sangat membantu untuk mengurangi iritasi dan gejala pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh polusi udara. Kemudian, dengan mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang berguna untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap optimal dan dapat mencegah dampak negatif bagi kesehatan.

Selain cara - cara tersebut, selalu terus memantau kualitas udara melalui aplikasi atau website yang memberikan informasi mengenai kualitas udara untuk mencegah resiko yang disebabkan oleh polusi udara.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline