Lihat ke Halaman Asli

Cita Rasa Kuliner Nusantara Terbaik di Kemang

Diperbarui: 17 Juni 2015   06:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Area Kemang-Jakarta Selatan memiliki banyak cafe dan restoran yang menjadi lokasi pertemuan dari para ekspatriat yang ada di Indonesia untuk berkumpul. Selain cafe dan restoran yang menyajikan menu internasional, di Kemang juga tersedia cafe dan restoran dengan menu khas tradisional Indonesia. Berikut cafe dan restoran dengan kuliner nusantara terbaik yang bisa dijadikan alternatif tempat berkumpul bersama keluarga dan teman-teman.

Jimbani Cafe & Gallery

Kafe unik penyaji hidangan khas Bali yang beralamat di Jalan Raya Kemang nomor 85 ini patut dikunjungi dan dicicipi. Ayam sangeh, nasi campur kuta, ayam betutu, bebek panggang kuta, minuman legong blues dan red jegog adalah beberapa menu khas Pulau Dewata yang bisa dinikmati di sini.

Jimbani Café & Gallery yang berdiri pada tahun 1995 didekorasi elegan kental dengan adat dan nuansa tradisional Bali. Jimbani Café & Gallery yang buka pada hari Minggu - Kamis buka dari jam 11.00 sampai jam 01.30, dan pada hari Jumat - Sabtu buka dari jam 11.00 sampai jam 02.00 dini hari, memiliki kapasitas cukup luas dan memiliki fasilitas yang membuat tamu betah berlama-lama, karena dilengkapi dengan bar, balinese gazzebo, pool tabledanlive musicdari band yang berbeda tiap harinya. Harga yang ditawarkan di Jimbani Café & Gallery sepadan dengan sajian menu yang yaitu mulai sekitar Rp.100.000 – 200.000.

Kedai Kak Ani

“Selamat siang. Mau pesan apa ?”. Kalimat itu akan terdengar menyambut hangat pengunjung saat memasukiKedai Kak Ani. Kalimat sambutan di Kedai Kak Ani mengingatkan pada kehangatan saat berkunjung ke rumah kerabat dekat. Rumah makan di bilangan elite Kemang ini tengah hangat dibicarakan berkat masakan Medan yang mantap dan interior putih yang cantik. Pemiliknya, Ibu Sarhani Burhan.

Kedai Kak Ani yang berlokasi di Jl. Kemang Selatan No.125A, merupakan tempat makan dengan desain interior bagus yang menyediakan menu kuliner khas Indonesia terutama dari Medan dengan harga terjangkau (Rp.30 ribu hingga Rp.50 ribu). Menu khas nusantara yang tersedia menggunakan bumbu rempah rempah khas Indonesia, diantaranya lontong sayur medan, mie rebus, sate, aneka masakan kari, gado-gado, soto medan dan nasi campur.

Hal unik lainnya adalah simbol di menu dengan kalimat ‘kesukaan anakku’ atau ‘kesukaan menantuku’. Tempatnya yang nyaman di KedaI Ani membuat tempat ini sesuai untuk sekadar ngobrol santai dan sembari nikmati makanan nusantara.

Payon

Payon Resto yang berlokasi di Jl Kemang Raya no 17 Jakarta Selatan bernuansa bangunan Joglo khas Jawa. Susana Jawa tempo dulu sangat terasa saat menginjakan kaki ke dalam gerbang restoran yang menyajikan ragam menu Indonesia, diantaranya nasi urap, selat solo, timlo, nasi campur khas bali, nasi cobek,  ayam goreng sereh dan beragam menu lainnya. Hawa sejuk dan asri di Payon makin diperkuat dengan bebatuan di keliling taman, kolam ikan, pepohonan, bunga, dan pendopo-pendopo.

Penyajian makanan di Payon tersaji dengan cobek atau piring kayu yang dialasi lembaran daun pisang. Bersantap di Payon sangat sesuai untuk pribadi yang rindu bersantap dengan nuansa pedesaan sejuk dan asri di tengah hiruk pikuk kota Jakarta, ibarat berada di sebuah desa kecil di kota besar.

Warung Solo

Tempat makan favorit dengan arsitektural rumah Joglo dan interior unik yang dihiasi benda kuno khas Jawa, foto foto kota Jawa tempo dulu dan poster iklan vintage. Warung Solo yang berlokasi di Jeruk Purut Kemang adalah pilihan tepat bagi yang rindu dan ingin menikmati makanan dan minuman warisan Jawa seperti Gudeg, sosis solo, selat solo, mangut, nasi liwet , bistik, wedang jahe, gula asem, beras kencur dan susu jahe.

Harga masakan di Warung Solo berkisar antara Rp 1.000 - Rp 20.000an. Suasana yang asri, menu Indonesia yang beraneka ragam, serta pelayanan yang ramah dan cukup cepat penyajiannya, ini sebuah nilai plus buat warung makan yang satu ini

Pendopo Kemang

Pendopo Kemang yang terletak di Jalan Kemang Selatan No.11, Jakarta Selatan, bisa dijadikan alternatif untuk memuaskan rindu akan kampung halaman. Bangunan dengan suasana tradisional, kenyamanan dan pepohonan yang rimbun bisa dinikmati saat mulai masuk resto ini bernuansa rumah Jawa ini.

Nasi gurih bebek dan nasi langgi yang siap disantap bersama urap yang terdiri dari daun bayam, kol, wortel dan tauge yang masih segar menjadi andalan di restoran ini. Pendopo Kemang dan segala sajiannya ini cocok untuk semua kalangan, dari anak kecil hingga dewasa.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline