Lihat ke Halaman Asli

Sylvia Setio

Ahli menulis

Sejarah Mie di Indonesia

Diperbarui: 21 Februari 2024   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Mie sebagai makanan yang banyak dikonsumsi dan menjadi sajian paling laris di seluruh dunia serta semua kalangan, khususnya di Indonesia, memiliki cerita latar belajang yang menarik bahkan sejak berabad lalu, menjadikan makanan ini hal yang penting sebagai sajian berbagai macam acara.

Asal muasal mie diawali dari Tiongkok, dimana makanan pokok sejak ribuan tahun lalu, mie diketahui berasal dari istilah Tiongkok 'mian' yang berarti 'mi', di seluruh negara-negara Asia, mi berkembang dan beradaptasi yang disesuaikan selera masyarakat sekitar.

Di Indonesia sendiri, mie menjadi makanan paling digemari hingga saat ini, berasal dari pedagang Tiongkok yang datang hingga pertukaran budaya, warga Indonesia saat itu amat antusias menyambut datangnya makanan ini, karena sangat cocok sebagai pengganti nasi, seiring berkembangnya waktu menjadi sentuhan unik yang khas.

Mie yang paling terkenal di Indonesia adalah bakmi, sebagai asal dari mi gandum khas Tiongkok, biasanya bakmi di Indonesia pasti di orak-arik dengan bermacam bahan makanan lain, seperti daging, udang, telur, dengan toping bawang goreng, beserta sayur mayur lainnya, ditambah saus yang gurih, hingga menghasilkan cita rasa yang tepat bagi lidah orang Indonesia, sajian pangan ini telah mendapat tempat tersendiri bagi masyarakat luas di Indonesia, baik di rumah tangga maupun pedagang lokal.

Bermacam olahan mi di Indonesia seperti mi goreng, dimana hasil masaknya seringkali kering tanpa kuah atau sedikih sentuhan basah bumbu masaknya, dengan campuran seafood maupun daging, hingga banyak peminatnya sehingga bagi para penjual makanan bakmi goreng seringkali menjadi menu andalannya.

Di Indonesia, terdapat mie olahan tangan untuk cita rasa lokal, yang memiliki rasa unik yang melekat dan menjadi khas setiap daerah, seperti mie Aceh, mie koclok Cirebon, mie lethek Jawa, mi ongklok Wonosobo dan lain-lainnya.

Di jawa timur, terdapat olahan mie sidoarjo terkenal dengan sentuhan masakan tangan khas China, makanan yang banyak peminatnya bagi semua kalangan dengan memadukan kuliner Tiongkok dan selera masyarakat lokal segala usia, rasa mie yang memanjakan lidah, selain rasa lezat, menghadirkan juga kisah sejarah panjang dari setiap makanan yang disantap.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline