Lihat ke Halaman Asli

Sylvia Rahmi

PPG PRAJABATAN

Aksi Nyata Prespektif Sosiokultural

Diperbarui: 24 Oktober 2023   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mata kuliah Prespektif Sosiokultural dalam pendidikan memberikan wawasan yang sangat berharga mengenai pentingnya memahami peran yang dimainkan dalam konteks ini seorang guru dalam keberagaman sosial, budaya, dan interaksi dalam seluruh proses belajar mengajar. Ini adalah langkah awal penting dalam upaya seorang guru mempu berkontribusi pada pembentukan masa depan pendidikan yang lebih inklusif, berkelanjutan dan berorientasi pada peserta didik.

1. MULAI DARI DIRI: Apa yang anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

sebelum memulai perjalanan pembelajaran, pertimbangan pertama yang selalu saya tanamkan adalah bagaimana pengetahuan yang saya peroleh dalam memahami prespektif sosiokultural yang dapat saya aplikasikan saat saya berhadapan dengan peserta didik yang berasal dari latarbelakang keberagaman sosial dan budaya. Membayangkan bagaimana mengintegrasikan aspek-aspek sosiokultural ini menjadi semacam landasan moral dan pedagogis yang selalu hadir dalam persiapan saya sebagai pendidik. Dalam setiap situasi pendidikan yang berbeda, saya merenungkan bagaimana saya dapat menggunakan wawasan ini  untuk menciptakan lingkungan belajar uyang inklusif dan mendukung pertumbuhan peserta didik dengan latar belakang yang beragam. Saya memahami bahwa setiap peserta didik membawa dengan mereka sejumlah pengalaman dan identitas yang unik. Oleh karena itu, saua juga selalu sadar akan perbedaan bahasa dan komunikasi, yang memungkinkan saya merancang pendekatan komunikasi yang sesuai untuk setiap peserta didik.

Saat berhadapan dengan beragamnya latar belakang sosial dan budaya, saya merasa penting untuk selalu mengenail masing-masing peseserta didik. Dengan memahami tingkat kemampuan mereka dan potensi yang dapat mereka capai dengan bantuan, saya dapat merancang pengajaran yang relevan dan menantang bagi setiap individu.

2. EKSPLORASI KONSEP: Apa yang anda pelajari dari konsep yang anda pelajari dalam topik ini?

Topik ini mempelajari konsep-konsep dasar prespektif sosiokultural dalam pendidikan yang dapat membantu saya menjalankan peran saya sebagai calon pendidik profesional. Hal yang dibahas mengenai status sosial ekonomi (SES). Tujuan dari mempelajari SES ini adalah untuk mengintegrasikan literatur mengenai interaksi orang dewasa dan anak, menghubungkan faktor-faktor yang berhubungan dengan SES serta perbedaan dalam sosialisasi. Di sini, saya juga membuat kesimpulan dengan menjawab beberapa pertanyaan mengenai SES, serta mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum dipahami.

3. RUANG KOLABORASI: Apa yang anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekang anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi, saya bersama dengan rekan-rekan membaca Buku Melawan Setan Bermata Runcing: Pengalaman Gerakan Pendidikan Sokola, hal 125-156 , dalam Kolaborasi ini saya dan rekang-rekan menganalisis faktor sosial, Ekonomi, budaya dan Politik pada masyarakat rimba. Apa yang membuat Membaca dan Berhtung pada masyarakat rimba. 

4. ELABORASI PEMAHAMAN: Sejauh ini, apa yang sudah anda pahami tentang topik ini? Apa hal baru yang anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai? apa yang ingin anda pelajari lebih lanjut?

Pada 'Elaborasi Pemahaman' yang sudah saya pahami yaitu bahwa ini merujuk pada posisi ekonomi atau status keuangan seseorang atau keluarga dalam masyarakat. SES dapat mencakup berbagai faktor, seperti pendapatan, pekerjaan, pendidikan, dan tingkat sosial, dan sering digunakan untuk menggambarkan sejauh mana seseorang atau keluarga memiliki sumber daya ekonomi dan akses terhadap layanan dan kesempatan di masyarakat. Disini saya juga menyimpulkan mengenai pembelajaran terpenting yang didapatkan setelah mempelajari topik bahasan tentang status sosial ekonomi (SES) dan mengelaborasi kan jawaban sesuai dengan pandangan diri sendiri sebagai calon pendidik untuk kedepannya, entah itu tantangan yang sedang dibayangkan atau tantangan yang akan dihadapi dan yang sedang terjadi.

5. KONEKSI ANTAR MATERI: Apa yang anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline