Lihat ke Halaman Asli

syifa sabrina

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Teori Sistem Niklas Luhmann

Diperbarui: 28 Oktober 2022   15:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

NAMA:  Syifa Sabrina 

NIM : 21107020063

Mata Kuliah : Teori Sosialogi Modern 

Lahir pada tahun 1929,tepatnya di sebuah kota kecil di Hamburg,Jerman yaitu Niklas Luhmann yang merupakan seorang sosiolog filsuf ilmu social dari Jerman. Luhmnann ditetapkan  sebagai Profesor of Sosiology di University of Bielefeld pada tahun 1968.
 Masa kecil Luhman dihabiskan dengan mengikuti perserikatan nazi, dan beragabung dengan organisasi pemuda fasis, Ketika umur 15 tahun pun ia, menjalani Latihan ketentaraan sebaga pembatu tantara udara. Setelah terjadi perang dunia kedua Luhmann menempuh pendidikan di sekolah hukum di Universitas Freiburg kemudian melanjutkan studinya di Harvard.
Di Harvard ini Luhmann bertemu dengan seorang sosiolog yaitu Talcott Persons, dan bekerja dengannya. Dengan begitu, Luhman memandang pemikiran-pemikiran Parson sebagai suatu teori yang cukup kompleks untuk membentuk basis bagi pendekatan sosiologi baru.
 Hal itu juga membuat Luhmann menolak teori persons dengan melanjutkan teori sendiri, dalam karya Persons Luhman membahas dua permasalahan dengan mengembangkan teorinya serta mempertimbangkan referensi untuk sistem yang berfokus pada suatu pernyataan yang majemuk.. Teori Luhmann terkenal dengan teori sistem, menggunakan prinsip-prinsip yang dapat diterapkan dengan semua jenis sistem disegala bidang karena dapat menjadi alternatif pendekatan untuk menganalisis fenomena hubungan internasional dalam keadaan dunia globalisasi
Teori sistem Luhmann mencoba menjelaskan bahwa sistem in bersifat  Autopoiesis yang berarti sistem tersebut dapat mencakup diri sendiri atau bersifat tertutup, Luhmann pun mengatakan bahwa masyarakat bukanlah merupakan hasil dari interaksi social antar individu, melainkan sebuah sistem social yang secara terus menerus mencciptakan dirinya melalui komunikasi dengan lingkungan. Namun juga sistem ini juga akan selalu terbuka terhadap lingkungan luar karena adanya interaksi.
Disini saya mewawancarai salah satu keluarga saya yang mempunyai pengalaman mondok di pesantren selama beberapa tahun, yaitu kakak saya, saya bertanya tentang sistem yang ada di pesantren tersebut, beliau bercerita dalam proses Pendidikan didalamnya yang terjadi terus menerus,karena pesantren merupakan bingkai teori sistem sebagai satu struktur masyarakat  dengan menempuh Pendidikan. Selain itu sistem yang terjadi di pesantren cenderung bertahan dan berintegrasi, hal tersebut karena adanya komitmen, solidaritass serta kerja sama yang baik,
 Dan termasuk sebagai satu struktur masyarakat dengan segala aspek yang berhubungan dengan proses pendidikan pesantren adalah tempat yang termasuk ke dalam bngkai suatu teori sistem terbuka, sebagai rangkaian fungsi-fungsi yang berperan didalam struktur pesantren tersebut.

Sumber
Buku Teori Sosiologi Modern karya George Ritzer-douglas J. Goodman
https://www.xwhos.com/person/niklas_luhmann-whois.html




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline