Lihat ke Halaman Asli

Kain Pantai Mojolaban

Diperbarui: 3 Agustus 2018   22:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mojolaban yang terletak di Sukoharjo, Jawa Tengah adalah salah satu desa yang masyarakatnya terkenal ulet dan produktif. Beberapa hasil dari keuletan masyarakat Mojolaban adalah kain pantai, batik kalengan, alkohol, dan gamelan. Salah satu hasil dari keuletan masyarakatnya yang sangat terkenal adalah kain pantai. Dilihat dari beberapa motifnya yang menarik dan berwarna-warni, kain pantai buatan masyarakat Mojolaban mengalami proses yang unik karena proses pembuatan kain tersebut didominasi oleh pekerja pria sementara pewarnaannya didominasi oleh pekerja wanita.

(Dok. Pribadi)

Kain Pantai yang berasal dari Mojolaban adalah bukti bahwa Indonesia memiliki keunikan dalam membuat suatu karya. Kain pantai Mojolaban atau yang biasa dikenal dengan kain jumput ini memiliki proses yang cukup panjang dalam pembuatannya dimulai dari pembersihan kain, pewarnaan, pengancingan warna, pencucian, dan penjemuran kain.

Warna yang dipilih untuk kain jumput juga warna yang terang. Kain pantai atau kain jumput ini telah dipasarkan ke sejumlah daerah, diantaranya Surakarta, Yogyakarta, dan Bali.

kain-pantai-mojolaban-2-copy-5b647cb0caf7db06b5342ab3.jpg




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline