Lihat ke Halaman Asli

Syifa Rahmi

Mahasiswa

Lulusan SMK di Era Kemajuan Teknologi Digital

Diperbarui: 14 Desember 2023   22:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ditulis oleh Syifa Rahmi dan Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.

Semua orang tentu mendambakan pekerjaan yang menjanjikan. Dengan penghasilan yang cukup untuk menunjang kebutuhan hidup serta kenyamanan kehidupan kantor sering diidam-idamkan oleh banyak orang. Hal tersebut tentu lumrah saja terjadi, mengingat kebutuhan yang semakin beragam serta kebutuhan uang dalam segala aspek. Oleh karena itu, seringkali manusia merencanakan pekerjaan masa depan mereka dari jauh-jauh hari. Bahkan banyak pula yang memilih untuk belajar di sekolah atau universitas yang menjanjikan dengan angan untuk meraih mudahnya memperoleh pekerjaan.

SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan merupakan salah satu pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin bekerja namun tidak sempat atau tidak ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun, apakah ada tantangan bagi para lulusan SMK dalam mencari pekerjaan, terlebih di era kemajuan teknologi yang serba digital ini?

Jawabannya tentu saja ada. Tantangan yang akan ditemui oleh para lulusan SMK dalam berebut pekerjaan di era modern ini adalah adanya peristiwa disrupsi teknologi di mana sekarang banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh AI atau robot sehingga mengancam jumlah tenaga kerja yang ingin melamar pekerjaan. Selain itu, zaman sekarang banyak perusahaan yang menggunakan sistem kerja remote atau jarak jauh yang mana pekerjaan bisa dilakukan di mana saja bahkan di rumah sekalipun. Selain dua tantangan di atas, ada pula tantangan yang harus dihadapi yaitu bertambahnya skill atau kemampuan baru seperti digital marketing, social media analytics, data analytic, dan lain-lain yang juga mengikuti perkembangan zaman.

Banyaknya tantangan yang muncul akibat perkembangan teknologi ke arah digital mengharuskan para pencari pekerjaan, salah satunya lulusan SMK, harus siap dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan mempelajari skill-skill baru yang berkaitan dengan pekerjaan yang diinginkan seperti beberapa contoh skill yang telah disebutkan di atas. Di samping itu, para lulusan SMK tidak boleh untuk berhenti belajar dan meningkatkan kualitas diri sehingga siap untuk terjun ke dunia kerja dan bersaing dengan seluruh pekerja di lingkungan kerja mereka. Kemampuan menggunakan teknologi juga dibutuhkan dalam hal ini karena saat ini hampir seluruh kegiatan mengandalkan canggihnya teknologi untuk mempermudah mereka menyelesaikan pekerjaan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline