Lihat ke Halaman Asli

Menelaah Perceraian: Masalah, Penyebab, dan Solusi dalam Konteks Sosisal Modern

Diperbarui: 16 Juli 2024   13:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

perceraian adalah fenomena sosial yang telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan modern. perceraian tidak lagi dianggap hal tabu atau kegagalan. dalam masyarakat kontemporer , peristiwa ini tidak hanya mencerminkan perubahan dinamika pribadi tapi juga mencerminkan transformasi nilai- nilai sosial. budaya dan juga ekonomi. faktor faktor seperti individualisme yang meningkat , tekanan ekonomi, peran gender yang meningkat merupakan peran penting dalam meningkatkan perceraian. 

perceraian merupakan fenomena sosial yang kompleks dengan berbagai macam masalah yang terkait baik individu, keluarga ataupun masyarakat. di dalam perceraian terdapat masalah- masalah yang kompleks yang mempengaruhi aspek kehidupan individu, keluarga dan masyarakat secara luas : 

1. dampak emosional dan psikologis: perceraian seringkali menyebabkan kecemasan, stress dan depresi baik dari pasangan maupun anak - anak yang terlibat.

2. kesehatan dan kesejahteraan anak: anak yang mengalami perceraian seringkali menghadapi tantangan dalam kesejahteraan emoisional, sosial dan akamdemik. hal ini bisa berdampak pada perkembangan mereka.

3.  masalah keuangan: dalam perceraian seringkali mempermasalahkan pembagian harta bersama, dan juga penyesuaian  pendapatan yang sering berkurang  setelah perceraian.

 dalam mengatasi masalah perceraian terdapat beberapa solusi yang dapat dipertimbangkan untuk membantu individu, pasangan dan keluarga dalam menghadapu tantangan ini secara lebih baik: 

1.  pendidikan keluarga yaitu tentang ketramiln komunikasi, menejemen konflik dan kecerdasan emosional dapat membantu pasangan dan juga anak- anak untuk mengatasi masalah dan meningkatkan kualitas hubungan mereka.

2. dukungan sosial yaitu dengan menerima dukungan dari keluarga, teman ataupun  seseorang yang bisa kamu percaya hal ini dapat membantu mengurangi stres yang terkait dengan perceraian dan memberikan jaringan dukungan yang penting dalam memulai hidup




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline