Lihat ke Halaman Asli

Syifa Khairunnisa Zahrah

Mahasiswa Jurnalistik Universitas Padjadjaran

Mengekspresikan Diri Lewat Bag Charm

Diperbarui: 6 Juli 2024   14:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cuitan akun @closeratdawn di X mengenai bag charm yang menimbulkan bunyi.

Kring, kring, kring.


Suara tersebut bukan berasal dari suara sepeda atau delman yang lewat, melainkan berasal dari tas seseorang. Mengapa dari sebuah tas saja bisa mengeluarkan bunyi? 

Mengutip cuitan dari Asya @closeratdawn di X, "you hear my bag five minutes before i enter the room." Maksudnya, kamu mendengar suara tasku lima menit sebelum aku masuk ke dalam ruangan. Bunyi tersebut berasal dari gantungan-gantungan tas yang saling bergesekan satu sama lain. Bag charm atau gantungan tas menjadi tren fashion pada tahun 2024. 

Unsur maksimalisme dan individualistis sangat menggambarkan tren dari bag charm ini. Mereka berlomba-lomba menghias tas-tas kesayangan mereka dengan berbagai gantungan tas entah itu gantungan kunci foto idolanya, boneka masa kecilnya, pita, atau aksesoris hadiah dari pacarnya. 

Barang-barang yang punya makna personal tersebut jadi bagian dari bag charm. Jika membahas tas, ada seorang ikon yang tak boleh dilupakan eksistensinya karena sejak tahun 1980, seorang aktris, model, penyanyi, dan ikon Inggris Prancis, Jane Birkin telah menjadi ikon di dunia fashion lewat tasnya yang ikonik. 

Jane Birkin gemar menghias tasnya dengan gantungan kunci, tasbih, lonceng, bahkan Birkin menempelkan stiker pada tasnya. Tak hanya itu, bahkan Jane Birkin menjadi sosok inspirasi Herms karena hingga ada tas yang dinamakan Birkin Bag.

Jane Birkin menggendong tasnya/wolipop.detik.com


Bag charm menjadi sebuah bentuk kebebasan seseorang dalam mengekspresikan dirinya. Bag charm bisa berbentuk gantungan kunci, boneka, pita, lonceng, manik-manik, rantai, foto, dan lain-lain. 

Tidak ada batasan dalam menghias tas dengan bag charm ini, semua sesuai dengan kesukaan, kreativitas, dan bagaimana cara kita ingin mempersonalisasi tas. Biasanya juga seorang kolektor suka menggantungkan koleksi-koleksinya pada tasnya.

Gantungan tas atau bag charm seorang penggermar Kpop. Sumber: Dokumen pribadi

Gantungan-gantungan tas ini didukung dan disukai oleh banyak kalangan. Banyak sekali inspirasi di platform Pinterest, X, dan TikTok. Berbagai artis, influencer, desainer, dan pelaku bisnis ikut meramaikan tren ini. 

Beberapa brand lokal dan UMKM di Indonesia menjual jenis-jenis gantungan kunci. Baru-baru ini heboh Sonny Angel yang merupakan minifigure, lalu gantungan kunci Idol K-Pop, pita, dan gantungan kunci dari tali macrame, dan manik-manik dijual. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline