Lihat ke Halaman Asli

Syifa Hanun

Mahasiswa Universitas Airlangga Prodi Kedokteran Hewan

Fakta Menarik Mengenai Hewan Cheetah

Diperbarui: 14 Juni 2024   11:59

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Cheetah merupakan mamalia tercepat di darat dengan kecepatan mencapai 120km/jam, dan mereka dapat mencapai kecepatan tersebut hanya dalam waktu 3 detik. dengan beratnya yang hanya 20-70 kg, tidak heran jika cheetah dapat berlari dengan cepat. sebagai perbandingan, berat harimau sumatra sekitar 75-120kg.

berikut adalah beberapa fakta menarik dari cheetah:

1. Cheetah tidak masuk genus panthera.

Alasan mengapa cheetah tidak masuk panthera adalah karena cheetah tidak bisa mengaum, suara cheetah cenderung mirip kucing peliharaan. Nama latin dari cheetah adalah axionyx jubatus, dan masuk dalam genus axionyx. Hewan ini merupakan satu satunya dari genus axionyx yang belum punah. Namun banyak orang menganggap cheetah masuk dalam golongan kucing besar atau panthera karena ukurannya dan kehidupannya di alam liar.

2. Kurang dari 10% anak cheetah yang berhasil bertahan dan menjadi cheetah dewasa.

Alasan terbesarnya adalah singa. Cheetah dan singa hidup di habitat yang sama di savana Afrika, dan karena perbedaan kekuatan antara induk cheetah dan singa yang menyerang, seringkali induk cheetah tidak dapat melindungi anaknya. Karena hal ini juga cheetah masuk dalam golongan hewan yang terancam punah.

3. Kehidupan sosial cheetah jantan dan betina sangat berbeda.

Cheetah jantan kadang ditemukan hidup dan berburu dalam kelompok kecil untuk memudahkan menangkap mangsa dan menjaga mangsanya direbut hewan lain. Sedangkan cheetah betina selalu berburu sendiri untuk dirinya dan anaknya. Mereka biasanya berburu di wilayah yang sudah mereka tandai. Jika ada cheetah lain yang berburu di wilayah mereka, maka akan terjadi perebutan wilayah.

4. Cheetah berburu di siang hari.

Tidak seperti kucing besar pada umumnya, cheetah berburu mangsanya di siang hari untuk menghindari perebutan mangsa dengan singa dan hyena. Selain itu cheetah betina harus menjaga anak-anaknya dari serangan hewan karnivora lain di malam hari.

5. Dalam berburu, cheetah akan menyerang kaki mangsanya terlebih dahulu.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline