Lihat ke Halaman Asli

Strategi Bijak Manajemen Keuangan dalam Kehidupan Sehari-hari

Diperbarui: 15 Agustus 2024   08:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Tahukah anda apa itu manajemen keuangan? Manajemen keuangan adalah seni dan ilmu mengelola uang, baik untuk individu, bisnis, atau organisasi. Proses ini mencakup banyak aktivitas penting seperti perencanaan, alokasi modal, pengelolaan keuangan, dan evaluasi untuk mencapai tujuan keuangan secara efektif dan efisien. 

Manajemen keuangan memiliki dampak yang besar terhadap kehidupan sehari-hari, sehingga keterampilan ini juga harus Anda miliki. Pengelolaan keuangan yang baik tidak hanya berdampak pada kesehatan finansial, namun juga berkontribusi dalam mencapai tujuan jangka panjang bahkan mempengaruhi tingkat stres seseorang. Di bawah ini adalah strategi pengelolaan keuangan terpenting dalam kehidupan sehari-hari:

1.Menabung

Anda harus segera mulai menabung secara teratur setelah Anda menerima gaji bulanan atau penghasilan lainnya. Tips menghemat uang dari Cigna adalah menyisihkan 20% penghasilan Anda untuk ditabung. Tabungan ini melindungi Anda jika terjadi sesuatu yang tidak terduga, seperti sakit atau masalah lainnya. Dengan kata lain, selisih tabungan adalah jumlah yang bisa Anda keluarkan untuk hal lain selain kehidupan sehari-hari. Bisa juga dijadikan waktu bersantai untuk menghilangkan rasa bosan dalam bekerja sehari-hari. 

Ingatlah bahwa stres dapat memengaruhi suasana hati Anda di tempat kerja. Jika Anda seorang mahasiswa, Anda dapat mulai menghasilkan uang tambahan dengan membuat anggaran bulanan dan membedakan antara apa yang Anda butuhkan dan apa yang Anda inginkan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah ada penawaran atau diskon khusus sebelum Anda membeli. Banyak toko dan platform e-commerce yang kerap memberikan penawaran menarik khususnya bagi mahasiswa.

2.Belanja secara cermat dan hemat

Belanja secara cermat dan hemat termasuk strategi kunci manajemen uang. Jika ingin berbelanja, riset perbedaan harga setiap produk secara online terlebih dahulu sebelum berbelanja. Setelah itu, sebaiknya pilih yang termurah. Di era digital, kemudahan mendapatkan informasi merupakan suatu keuntungan bagi konsumen. Silakan gunakan untuk mencari produk dengan harga terjangkau. Dengan membeli barang murah, Anda bisa menggunakan sisa anggaran untuk keperluan lain atau menghemat uang. Hindari membeli barang hanya karena mengikuti orang lain.

3.Buat anggaran secara realistis

Untuk menemukan metode pengelolaan keuangan yang sesuai untuk Anda, mulailah dengan membuat anggaran keuangan. Anggaran ini diperlukan sebagai acuan dalam segala perhitungan keuangan. Mulai dari pendapatan, pengeluaran, kebutuhan investasi, hingga akses terhadap layanan kesehatan. Menurut Gramedia, tidak ada gunanya menetapkan anggaran yang ketat berdasarkan perubahan drastis seperti tidak pernah makan di luar dan buatlah anggaran yang sesuai dengan gaya hidup dan kebiasaan belanja Anda. Dengan membuat anggaran jangka panjang dan mengelola keuangan, kemungkinan besar Anda akan merasa percaya diri dan mandiri secara finansial di masa depan.

4.Hindari untuk berhutang

Hutang dapat menjadi penghalang dalam penerapan praktik pengelolaan keuangan yang baik. Pasalnya, ketika Anda mempunyai hutang, Anda harus mengalokasikan sebagian penghasilan Anda untuk membayar cicilan bulanan. Untuk mencapai stabilitas keuangan, Anda disarankan untuk melunasi seluruh utang yang ada. Melunasi hutang Anda adalah langkah pertama menuju masa depan keuangan yang kuat dan sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline