Lihat ke Halaman Asli

6 Tips Mempelajari Bahasa Baru

Diperbarui: 20 Juli 2024   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar pribadi

Pembelajaran bahasa adalah salah satu hal yang paling dekat di hati saya. Bayangkan betapa menyenangkannya bisa berbicara dengan seseorang dalam bahasa yang sebelumnya terdengar seperti teka-teki. Rasanya seperti membuka pintu baru ke dunia yang penuh dengan kesempatan dan petualangan baru. Tetapi, seperti halnya petualangan lainnya, belajar bahasa juga datang dengan tantangannya sendiri.

Saya bukan profesor linguistik, tetapi dari pengalaman saya, mempelajari bahasa adalah sesuatu yang perlu proses yang mendalam, bukan hanya sekadar hafalan. Ada beberapa metode efektif yang bisa Anda terapkan untuk membuat proses pembelajaran bahasa menjadi lebih efisien. Yuk simak tipsnya berikut ini.

1. Buatlah target dan tujuan

Hal pertama yang harus dilakukan ketika belajar bahasa asing adalah melupakan kefasihan.

Tujuan belajar bahasa asing paling baik jika sederhana dan mudah diukur. Banyak dari kita memulai belajar bahasa dengan mengatakan, "Saya ingin fasih berbahasa Spanyol dalam setahun!"

Masalahnya adalah, apa yang dimaksud dengan fasih? Fasih dalam konteks apa? Percakapan sehari-hari? Membaca dan menulis? Membahas masalah politik, bisnis, atau tren terkini?

Sebaliknya, lebih baik menetapkan tujuan yang jelas dan sederhana. Mulailah dengan sesuatu seperti, "Pada minggu ini, saya ingin fokus pada cara memperkenalkan diri dan cara berhitung. Dalam dua minggu, saya ingin cari tahu bagaimana cara berbelanja. Pada akhir bulan, saya ingin belajar kata-kata slang."

Satu hal lagi, metode belajar sangatlah penting, dan tidak ada pendekatan yang cocok untuk semua orang dalam pembelajaran bahasa. Berdasarkan pengalaman saya, saya menyadari bahwa cara-cara tradisional seperti latihan tata bahasa, flash card, dan duduk untuk mengerjakan latihan tertulis bermanfaat. Namun, apa yang berhasil untuk saya mungkin tidak akan berhasil untuk Anda. Jika Anda lebih nyaman dengan mendengarkan dan berbicara, metode yang menggunakan audio sepenuhnya mungkin lebih sesuai untuk Anda.

2. Lupakan bahasa Indonesia untuk sementara

Salah satu cara paling efektif untuk mempercepat proses pembelajaran bahasa adalah dengan mengalihkan semua atau sebagian besar komunikasi Anda ke bahasa target yang ingin dikuasai. Ini berarti mencoba untuk berpikir, menulis, dan berbicara dalam bahasa baru sebanyak mungkin, baik dalam situasi sehari-hari maupun dalam konteks formal.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline